Kamis, 12 Juli 2012

ANTI VIRUS KOMPUTER



Pendahuluan
Anti virus adalah sebuag software yang digunakan untuk mendeteksi dan menghapus virus komputer dari sitem yang ada pada komputer.aplikasi ini dapat menentukan apakah sebuah sistem komputer telah terinfeksi oleh sebuah virus atau tidak. Musonif dan Setria (2008:69). Umumnya, perangkat lunak (software) ini berjalan dilatar belakang dan melakukan pemindaian terhadap semua berkas yang diakses. Adapun metode kerja antivirus dapat di uraikan pada bagian penjelasan berikut ini

Penjelasan
Sebagian besar antivirus bekerja dengan beberapa metode seperti berikut:
1.      Pendeteksian dengan menggunakan basis data virus signature: cara kerja antivirus ini merupakan pendekatan yang banyak digunakan oleh antivirus tradisional, yang mencari tanda-tanda  keberadaan dari virus dengan menggunakan sebagian kecil dari kode virus yang telah dianalisis oleh vendor antivirus, dan telah dikatalogisasi sesuai dengan jenis, ukuran, daya hancur dan beberapa kategori lainnya. Musonif dan Setria (2008:69)
2.      Pendeteksian dengan melihat cara bagaimana virus bekerja: cara kerja antivirus seperti ini merupakan pendekatan yang baru dan dipinjam  dari teknologi yang diterapkan dalam Intrusion Detection System (IDS), cara ini sering disebut juga Behavior-blocking detektion. Musonif dan Setria (2008:69)
Setelah kita mengetahui cara kerja antivirus maka selanjutnya tehnik membasmi virus adalah sebaagai berikut:
1.      Gunakan program antivirus
Progran antivirus yang digunakan disarankan harus menggunakan progran antivirus yang sudah cukup populer, dan apabila user atau pengguna komputer mengetahui produk virus yang ada, maka lebih baik antivirus yang digunakan mestinya minimal yang setingkat atau yang lebih kuat dari pada kekuatan virus yang menyerang komputer tersebut.
2.      Menggunakan utuliti
Umumnya pembasmian virus dengan utiliti hanya bisa untuk membasmi virus boot sector Musonif dan Setria (2008:77)
Menurut Musonif dan Setria (2008:77) Utiliti yang dapat digunakan antara lain.
a.       Norton Diskedit dan PC Tool
Kedua program ini adalah program editor yang cukup canggih dan kita menggunakannya untuk memberantas varus boot sector, tetapi cara ini hanya bisa dilakukan oleh user yang telah berpengalaman.
b.      DEBUG
Debug adalah program yang selalu disediakan oleh MS DOS maupun MS Windows 95. Debug adalah program untuk melakukan debugging, dan untuk menggunakannya juga hanya bisa dilakukan oleh user yang sidah berpengalaman.
c.       SYS
Sys adalah program yang juga selalu disediakan oleh MS DOS maupun MS Windows. Sys berguna untk memindahkan  atau menulis sistem pada disket ataupun hard disk. Syarat menggunakannya adalah versi operating system keduanya harus sama.
Cara menggunakannya
-          Boot komputer dengan disket yang bebas dari virus
-          Masukan disket yang terkena virus, misal pada drive B
-          Ketikan “SYS B”.
Penutup
Perkembangan teknologi sistem komputer dan komunikasi sering kali dijadikan virus komputer sebagai cara untuk mencari media penyebaran diri yang baru. Mulai dari penyebaran lewat flopy  disk dan boot sektor pada awal berkembangnya komputer, kemudian beranjak melalui jaringan internet, dan sepertinya virus akan menemukan tempat baru di dalam jaringan wireless baik dalam bentuk aplikasi maupun dalam bentuk muatan aplikasi

Tidak ada komentar: