A. PERANGKAT KERAS MULTIMEDIA KOMPUTER
Perangkat keras (komputer) multimedia adalah alat
pengolah data (teks, gambar, audio, video, animasi) yang bekerja secara
elektronis dan otomatis. Perangkat keras multimedia dapat bekerja apabila ada
unsur manusia yang mengerti tentang alat itu dan dapat bekerja menggunakan alat
itu. Multimedia merupakan sistem, karena merupakan sekumpulan objek yang
berhubungan dan bekerjasama untuk menghasilkan suatu hasil yang diinginkan.
Adapun kebutuhan untuk pembuatan suatu PC Multimedia
adalah sebagai berikut:
Kebutuhan Minimum
|
||
RAM
|
2 MB
|
4 MB
|
Prosessor
|
16 MHz 386SX
|
25 MHz 486SX
|
HardDisk
|
30 MB
|
160 MB
|
CD-Rom
|
150 KB/sec. sustained transfer rate,
maximum average seek time 1 second
|
300 KB/sec. sustained transfer rate,
maximum average seek time 400 miliseconds, CD-ROM XA ready, multisession
capable
|
Sound
|
8-bit digital sound, 8 note synthesizer,
|
16-bit digital sound, 8 note synthesizer,
|
Video Display
|
640 x 480, 16 colors
|
640 x 480, 65,536 colors
|
Rekomendasi
|
||
RAM
|
|
8 MB
|
CD-ROM
|
64 KB on-board buffer
|
64 KB on-board buffer
|
Sound
|
|
CD-ROM XA audio capability, support for
IMA adopted ADPCM algorithm
|
Video Display
|
640 x 480, 256 colors
|
Delivery of 1.2 megapixels/sec. given 40%
of CPU bandwith
|
1. Unit Masukan (Input Unit/Input Device)
Input Unit adalah peranti tempat untuk memasukkan data
dan program yang akan diproses di dalam komputer multimedia. Fungsi input unit
adalah:
-
Tempat
untuk memasukkan data dan program yang akan diproses.
-
Menerjemahkan
kode-kode yang dikenal oleh media input ke dalam kode-kode yang dikenal
komputer multimedia (diubah menjadi binary digit/bit).
-
Mengirimkan
data yang sudah berbentuk bit-bit ini ke dalam storage.
Untuk memasukkan data ke dalam komputer multimedia
dilakukan dengan menggunakan sepuluh cara: melalui keyboard, alat penunjuk
(point device), alat pembaca optis atau magnetis, alat pembaca suara, sistem
vision-input, kamera digital, scanner, camcorder, snappy dan kamera web.
2. Unit Keluaran (Output Unit/Output Device)
Output device adalah piranti tempat mengeluarkan hasil
proses komputer multimedia. Fungsi dari Output Device:
-
Tempat
keluarnya hasil proses.
-
Menerjemahkan
bit-bit ke dalam kode yang dikenal media output.
Pada komputer multimedia, Unit Output dapat berbentuk
tampilan, cetakan, grafik, suara, video, dan animasi.
3. Alat Input dan Output
3.1. Terminal
Terminal merupakan alat yang dapat berfungsi sebagai
alat input dan output. Terminal dapat dikelompokkan dalam dua fungsi, yaitu
terminal yang berfungsi umum dan terminal yang berfungsi khusus. Terminal yang
berfungsi umum antara lain Video Display Terminal (VDT), Dumb Terminal, X
Terminal, dan Telephone. Sedangkan terminal yang berfungsi khusus antara lain
Automatic Teller Machine (ATM) dan Point Of Sale (POS).
3.2. Alat Input dan Output
Audio
Alat Input dan Output Audio terdiri dari Audio add-on
card dan MIDI interface. Audio add-on card adalah
Audio card yang disisipkan pada motherboard PC atau Mac. Suatu sistem
multimedia biasanya mengandung Audio add-on card yang menyediakan kemampuan
input dan output. Audio add-on card juga dapat mengambil input analog, misalnya
mikrofon dan kemudian dibuat digital serta dapat disimpan. Audio yang telah
berbentuk digital dapat dimanipulasi, diedit dan digabungkan dengan aplikasi
multimedia.
3.3. Alat Input dan Output
Video
Alat input dan output video dapat berupa Video add-on
card. Video capture card merupakan Video add-on card yang disisipkan pada
motherboard PC dan Mac. Video add-on card juga dapat mengambil input analog,
misalnya kamera video analog dan kemudian dibuat digital serta dapat disimpan.
Video yang telah berbentuk digital dapat dimanipulasi, diedit dan digabungkan
dengan aplikasi multimedia. Output dari video capture card ini dapat di pita,
di CD dan DVD serta di web.
4. Penyimpanan (Storage/Memory)
Storage atau memory dapat dibedakan menjadi 2 bagian,
yaitu Internal Storage dan External Storage.
4.1. Penyimpanan Internal
(Internal Storage/Primary Memory)
Internal Storage merupakan storage yang berhubungan
langsung dengan Central Processing Unit (CPU). Internal Storage pada komputer
pertama menggunakan magnetic core dan magnetic drum, merupakan
potongan-potongan material logam kecil berbentuk donat seukuran kepala jarum
dan mudah diberi magnet serta kawat-kawat yang membentang melalui core mengubah
medan magnet
dan menentukan status magnetiknya. Mulai tahun 1964, drum dan core digantikan
dengan integrated circuit (chip).
4.2. Penyimpanan Eksternal
(External Storage/External Memory)
External storage adalah storage yang tidak berhubungan
langsung dengan CPU. External Storage dapat menyimpan data secara tetap.
Misalnya suatu komputer mempunyai kemampuan untuk menyimpan data 32 MB dan
dalam suatu file data materi multimedia memerlukan 100 MB penyimpanan data,
maka hal ini diperlukan External Storage untuk mengatasinya.
Jenis External Storage yang utama adalah penyimpanan
berurutan (sequential storage) dan penyimpanan akses langsung (random/direct
storage). Teknologi External Storage terdiri dari Magnetic Disk, Magnetic Tape
dan Optical Laser Disk.
5. Central Processing Unit (CPU) Processor
CPU merupakan jantung komputer, karena CPU merupakan pusat
kendali dari sistem komputer. CPU disebut juga dengan Prosessor (Processor).
CPU berfungsi untuk:
-
Memberikan
Address Data dan Program.
-
Memasukkan
dan Mengambil Data.
-
Memproses
Data secara Arithmatic dan Logical.
-
Melaksanakan
instruksi-instruksi secara berturut-turut.
5.1. Arithmetic and Logic
Unit (ALU)
Arithmetic and Logic Unit (ALU) melaksanakan seluruh
perhitungan (penambahan, pengurangan, perkalian, pembagian) dan operasi logika.
Hasil dari operasi tersebut diletakkan dalam register yang disebut accumulator.
ALU berfungsi melakukan operasi arithmatic dan logic
yang terbagi 4 kelas, yaitu decimal arithmetic, fixed point arithmetic,
floating point arithmetic dan logic operation.
5.2. Control Unit (CU)
Control Unit merupakan bagian dari CPU, yang berfungsi
sebagai:
-
membaca
dan mengintepretasikan instruksi-instruksi program.
-
melangsungkan
operasi komponen-komponen processor internal.
-
mengendalikan
aliran program dan data ke dalam dan ke luar RAM.
5.3. Bus
Bus adalah jalur yang dilewati processor saat mengirim/menerima
data dan perintah ke/dari primary storage dan secondary storage dan seluruh
peralatan peripheral Input/Output.
5.4. Klasifikasi Processor
Kebanyakan komputer PC atau mainframe mempunyai
rancangan prosessor CISC (Complex Instruction Set Computer). Bahasa mesin
prosessor CISC memberikan variasi instruksi yang luas kepada programmer. CISC
merefleksikan evolusi peningkatan bahasa mesin yang canggih. Sedangkan prosesor
yang dirancang dengan sekelompok instruksi yang lebih kecil yang dapat meningkatkan
kualitas output untuk aplikasi, khususnya melibatkan grafik akan mempunyai RISC
(Reduced Instruction Set Computer).
Parallel Processing (Pengolahan Paralel) adalah konsep
yang menggunakan lebih dari satu (multipel) prosesor dalam komputer yang sama.
Dalam pengolahan paralel, satu prosesor utama memeriksa masalah pemrograman,
dan seberapa besar porsinya, jika ada masalah dapat dipecahkan dalam
potongan-potongan.
5.5. Motherboard
Motherboard merupakan board sirkuit utama dari
mikrokomputer. Motherboard mengandung konektor untuk menempelkan board-board
tambahan lainnya dan mengandung CPU, BIOS, memori, mass storage, interface,
port serial dan parallel, slot ekspansi, dan semua konektor yang dibutuhkan
untuk mengontrol peralatan periperal standar, misalnya monitor, keyboard, dan
disk drive.
6. Perangkat Keras Komunikasi
Perangkat keras komunikasi terdiri dari terminal,
cluster control unit, modem, multiplexer, saluran, front end processor dan
host, ditunjukkan pada gambar di bawah ini.
Gambar Terminal, Cluster
Control Unit, Modem, Multiplexer, Saluran, Front End Processor dan Host
B.
PERANGKAT LUNAK MULTIMEDIA KOMPUTER
1. Perangkat Lunak Multimedia
Perangkat Lunak Multimedia adalah komponen-komponen
dalam data processing system, berupa program-program untuk mengontrol
bekerjanya sistem komputer multimedia. Fungsi perangkat lunak multimedia antara
lain mengidentifikasikan program multimedia dan menyiapkan aplikasi program
multimedia sehingga tata kerja seluruh peralatan komputer multimedia jadi
terkontrol serta mengatur dan membuat pekerjaan agar yang berkaitan dengan
multimedia lebih efisien.
2. Bahasa Pemrograman Multimedia
Bahasa Pemrograman Multimedia adalah bahasa-bahasa yang
dipakai programmer untuk menuliskan kumpulan-kumpulan instruksi (program) dalam
multimedia.
2.1. Assembly
Bahasa tingkat rendah lebih dekat hubungannya dengan
mesin, maka bahasa ini disebut juga Machine Oriented, misalnya Assembly. Bahasa
ini merupakan bahasa cepat yang digunakan dalam banyak sistem multimedia,
khususnya “game”, contohnya Nintendo Entertainment System (NES), Super Nintendo
Entertainment System (SNES), Game Boy, SEGA’s Saturn dan Genesis. Assembly
mempunyai kemampuan besar untuk menyelesaikan masalah spesifik yang kritis
terhadap waktu. Bahasa ini lebih cepat dalam mengerjakan sesuatu, karena bahasa
lain berlaku sebagai “buffer layer” terhadap instruksi Assembly. Assembly
berkomunikasi langsung dengan instruksi prosesor. Bahasa Assembly tetap
digunakan dalam konsul generasi terbaru dan peralatan yang melekat karena
kecepatannya. Ada
beberapa variasi berbeda dari bahasa Assembly:
80x86 atau i86 : Assembly berbasis-Intel
68000 : Assembly berbasis komputer Apple (Macintosh
dsb)
Z80 : Digunakan untuk program game Nintendo Game
Boy
SH-2 : Digunakan dalam SEGA Saturn
ASM : Digunakan untuk Game Boy Tingkat Lanjut
MIPS : Digunakan untuk game Pocket PC
2.2. C, C++ dan Visual C++
Bahasa
Pemrograman Tingkat Tinggi, antara lain bahasa C, yang merupakan bahasa yang
unggul untuk sistem operasi multimedia Windows dan OS/2. Perintah dan sintaks
bahasa C mendefinisikan cara penulisan aplikasi multimedia. Sebagian besar
penulis multimedia menghindari bahasa C, karena belajar menulis bahasa C
seperti belajar bahasa baru. Meskipun demikian jika Anda belajar bahasa
pemrograman multimedia sungguh-sungguh, maka Anda menyukai menggunakan
authoring dan toolkits untuk mengembangkan aplikasi multimedia, tetapi pada
saat-saat tertentu yang membutuhkan kontrol langsung maka bahasa C digunakan.
Sony Playstation diprogram dengan bahasa C. Sekarang bahasa C berkembang
menjadi C++, yang dibangun dengan fondasi yang sama dengan bahasa C, tetapi
dirancang untuk pemrograman berorientasi objek (Object-Oriented Programming
atau OOP).
2.3. PowerBuilder
Merupakan bahasa pemrograman visual generasi keempat
dengan metode Rapid Application Development (RAD), yaitu metodologi
pengembangan aplikasi database dengan cepat secara visual, pemrograman
client/server berorientasi objek, powerfull dan mudah digunakan. PowerBuilder
8.0.3 merupakan RAD untuk Client Server, Web dan Ntier. PowerBuilder 8.0.3
dengan fasilitas dan kemampuan baru yang menjadikan Anda mengembangkan Web,
Client/-Server dan aplikasi distribusi lebih mudah, lebih cepat dan lebih
efektif dalam biaya.
2.4. Delphi
2.5. SQL Windows
SQL Windows merupakan kependekan dari Structured Query
Language. SQL merupakan bahasa yang dirancang khusus untuk berkomunikasi dengan
database. Tidak seperti bahasa lainnya, bahasa C atau Visual Basic, SQL
diciptakan dengan sedikit kata, karena dirancang untuk memberikan kepada Anda
membaca dan menulis data dari suatu database dengan cara sederhana dan efisien.
Manfaat SQL adalah kemampuannya yang didukung database besar. SQL mudah dipelajari
dan merupakan bahasa yang powerfull serta mampu mengoperasikan database yang
kompleks.
2.6. Visual Basic
Merupakan bahasa pemrograman yang diciptakan oleh
Microsoft. Visual Basic, termasuk Bahasa Pemrograman Tingkat Tinggi, yang dapat
digunakan dalam pengembangan aplikasi database dan web. Visual Basic bekerja
dengan baik pada medium visual. Objek seperti kotak dan window dapat dibuat
relatif cepat dengan Visual Basic. Visual Basic dirancang untuk dapat mengakses
Windows API.
Fungsi Windows API adalah sebagai berikut:
1.
Windows
management berfungsi untuk membuat dan mengelola interface pemakai untuk
aplikasi.
2.
Graphical
Device Interface berfungsi menjalankan output grafik pada peralatan Windows.
3.
Sistem
service berfungsi menyediakan akses kepada sumberdaya komputer dan sistem
operasi.
4.
Remote
Procedure Calls berfungsi untuk melaksanakan komputasi terdistribusi.
5.
Multimedia
berfungsi dapat mengakses pelayanan audio dan video.
2.7. Java
Java adalah bahasa pemrograman yang diciptakan oleh Sun
Microsoft sistem. Bahasa ini merupakan sebuah bahasa berorientasi objek yang
sangat mirip dengan C++. Java dikenal secara luas untuk platform yang
independen, yang berarti program yang ditulis pada sebuah PC dapat dijalankan
pada Mac atau yang lainnya.
3. Perangkat Lunak Sistem (System Software)
Perangkat lunak sistem terdiri dari sistem operasi
(Operating System) dan Program Utility (Utility Program). Sistem Operasi adalah
suatu sistem yang terdiri dari komponen-komponen software yang berfungsi untuk
mengontrol seluruh kegiatan di dalam komputer. Sistem Operasi merupakan bagian
software yang sangat penting. Sistem Operasi di dalam Auxilary Storage Unit
yang disebut Sistem Residence Device (SYSRES), dipanggil melalui Intial Program
Loader (IPL) dan dimasukkan ke memori.
3.1. Sistem Operasi MS-DOS
(Microsoft Disk Operating System)
Sistem operasi
yang pertama dikeluarkan oleh Microsoft pada tahun 1981, yaitu MS-DOS versi
1.0. Sistem operasi ini muncul setelah keluarnya IBM PC. Sistem operasi MS-DOS
berbasis pada teks. Setelah muncul MS-DOS 6.0, versi terbaru saat buku ini
ditulis adalah MS-DOS 6.22. Dibandingkan dengan MS-DOS 6.0, MS-DOS 6.22, lebih
baik dari sisi keamanan dan kemudahaan penggunaan.
3.2. Microsoft Windows
Sistem operasi yang utama pada komputer multimedia
adalah Windows, yang merupakan sistem operasi berbasis GUI (Graphical User
Interface) dan mudah untuk digunakan. Sistem operasi Windows pertama kali
dikeluarkan Microsoft pada tahun 1985, yaitu Windows versi 1.0. Sistem operasi
ini dikeluarkan setelah dikeluarkannya IBM PC.
3.3. Windows CE
Windows CE merupakan edisi kompak dari platform Windows
Sistem operasi ini digunakan sebagai dasar dalam sistem operasi “game”, seperti
halnya Dreamcast dan Xbox. Windows CE juga digunakan dalam jajaran PC saku PDA
(Protable Digital Assistant). Sistem operasi ini handal, lebih kecil dan
memberikan akses khusus alat-alat standar yang tersedia pada platform Windows
yang lengkap.
3.4. PalmOS
Sistem operasi ini digunakan pada PDA (Portable Digital
Assistant). PalmOS semula tidak mengandung unsur multimedia, tidak mendukung
hiburan. Tetapi PalmOS 5.0 mendukung penggunakan mikroprosesor ARM, sama dengan
yang dipakai oleh PDA PocketPC, sehingga mendukung fungsi multimedia, resolusi
layar lebih tinggi dan pemrosesan menjadi lebih cepat.
3.5. Macintosh (Mac) OS
Komputer Apple Macintosh menggunakan sistem operasi
miliknya sendiri yang disebut OS (diikuti nomor rilisnya). Versi terbarunya
adalah MacOS X 10.2. Sistem operasi ini berbasis Graphical User Interface (GUI)
yang sangat intuitif. Tampilan interfacenya trendi dan futuristik. Ikon-ikonnya
menggunakan high color yang menarik. Kemampuan multiuser, multitasking dan
networking semakin baik.
3.6. OS/2 Warp
OS/2 Warp terdiri dari OS/2 Warp Client dan OS/2 Warp
Server/ OS/2 Warp Client memberikan Anda konektivitas, stabilitas,
kompatibilitas dan kemampuan pengelolaan. OS/2 Warp Client mendukung OS/2, DOS,
Java dan aplikasi Windows 3.X serta multitasking dan multithreading. OS/2 Warp
Client juga mempunyai kemampuan proteksi kecelakaan OS/2.
OS/2 Warp Server diperuntukkan bagi e-business yang
merupakan sistem operasi pada jaringan besar, lingkungan multi-server dengan
ratusan pemakai maupun instalasi kecil dengan sedikit pemakai. OS/2 Warp Server
mempunyai kehandalan, kinerja, kapasitas dan fungsionalitas serta kemampuan
untuk mendukung aplikasi kritis secara serempak pada satu server.
3.7. UNIX
UNIX merupakan sebuah sistem operasi arsitektur terbuka
dengan berbagai macam variasi, meliputi Linux, HPUX, FreeBSD dan lain
sebagainya. UNIX ditulis dalam bahasa C dan digunakan pada server dan jaringan.
UNIX merupakan sistem operasi yang penting karena seluruh source code tersedia
untuk pemakai.
3.8. LINUX
LINUX merupakan salah satu dari variasi UNIX. Sistem
operasi Linux merupakan sistem operasi yang Open Source. Banyak aplikasi
multimedia dan alat pengembang aplikasi multimedia dijalankan pada sistem
operasi ini, terutama gambar. Pemakai jaringan dan Internet sangat menyukai
Linux. Sistem operasi ini sekarang dilengkapi KDE dan GNOME, sehingga tampil
menawan.
4. Perangkat Lunak Aplikasi Multimedia
Perangkat Lunak Aplikasi Multimedia adalah
program-program yang dibuat oleh personal atau pabrik komputer untuk user yang
dipakai/beroperasi dalam bidang-bidang multimedia yang spesifik.
4.1. Perngkat Lunak
Pengolah Teks
Pernakgat lunak pengolah teks yang paling banyak di
pasaran adalah Microsft Word, Wordstar for Windows dan Word Perfect. Di antara
ketiganya yang paling populer adalah Microsoft Word.
4.2. Perangkat Lunak
Pengolah Gafik 2D
Perangkat lunak Grafik Dua Dimensi yang terkenal adalah
Photoshop, CorelDraw dan Free Hand.
Photoshop
Adobe® Photoshop® 7.0 merupakan perangkat lunak standar
editing-gambar profesional, yang membantu Anda bekerja lebih efisien,
mengeksplorasi kreativitas Anda dan menghasilkan gambar kualitas tertinggi
untuk cetakan Web dan yang lainnya. Photoshop menciptakan gambar yang mudah
diakses ke data file, memperlancar desain Web, lebih cepat, mengolah foto
berkualitas profesional dan lebih banyak lagi.
CorelDRAW
Perangkat lunak CorelDRAW merupakan perangkat lunak
perancang grafik, layout halaman, editing foto, dan animasi vektor. Pada saat
modul ini ditulis versi terbaru dari CorelDRAW adalah CorelDRAW Graphics Suit
11. Versi baru yang lebih interaktif ini hadir bersama CorelPhoto Paint 11,
Corel Bitstream Navigator, Duplexing Wizard, CorelCapture dan CorelR.A.V.E.2.
Macromedia FreeHand
Macromedia FreeHand merupakan program pengolah grafik
vektor yang mendukung pembuatan gambar yang dapat diatur ulang ukurannya dan
dicetak dalam berbagai resolusi tanpa mengurangi kualitas dan ketajaman gambar.
Macromedia FreeHand memudahkan pembuatan ilustrasi cetakan ataupun grafik dalam
halaman Web. Kelebihan perangkat lunak ini adalah kemampuannya berkolaborasi
dengan produk-produk Macromedia lainnya seperti Macromedia Director, Macromedia
Flash, dan Macromedia Dream Weaver.
4.3. Perangkat Lunak
Animasi dan Modelling
Di dalam multimedia, perangkat lunak animasi dan
modelling banyak macamnya. Misalnya 3D Studio MAX, Maya, Softimage, Light-wave
dan sebagainya.
3D Studio Max merupakan program standar modelling 3D berbasis Windows, dibuat
oleh Yost Group yang merupakan sub dari Autodesk, perusahaan pembuat program
AutoCad yang terkenal. Program 3D Studio Max ini merupakan hasil pengembangan
dari program 3D Studio yang berbasis DOS. Program 3D Studio dengan basis
Windows lebih mudah digunakan. Pada prgam 3D Studio Max tersedia Plug in yang
lebih disempurnakan. Anda dapat membuat animasi maupun efek-efek dalam
iklan-iklan televisi, film-film maupun dalam pembuata game. 3D Studio Max 5
merupakan versi terbaru dari 3D Studio Max yang bagus dalam realisme, ekspresi,
produktivitas dan fleksibilitas.
Softimage merupakan perangkat lunak yang dibuat oleh Avid, sebagai perangkat
lunak animasi karakter yang kualitasnya paling top. Softimage merupakan produk
animasi karakter 3D legendaris untuk film, pasar komersial/broadcast dan
pengembangan game. Softimage merupakan tool yang dioptimalkan untuk membuat
karakter game. Customizable, pre-built skeleton template dan game character
rigs membuat Softimage menjadi tool yang dapat diandalkan. Melakukan animasi
dengan kontrol dan tampilan level tinggi serta mudah untuk melakukan ekspor ke
segala macam aplikasi.
Lightwave merupakan perangkat lunak yang dibuat oleh New Tek, meliputi dua
model, yaitu modul Modeller dan Layout, yang menyediakan 3D Artist yang lebih
powerfull untuk animasi dan modelling. Banyak produksi iklan televisi dan film
menggunakan LightWave untuk membuat efek visual.
MAYA merupakan tool untuk memproduksi game, animasi 3D dan efek-efek
visual. Versi terbaru saat modul ini ditulis adalah Maya 4.5. Keluarga dari
Maya ini adalah Maya Unlimited dan Maya Complete. Maya Unlimited merupakan
produk yang diperuntukkan kalangan professional atau industri. Sedangkan Maya
Complete lebih diperuntukkan bagi seniman 3D.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar