Rabu, 19 September 2012

MODEL-MODEL PEMBELAJARAN DAN URAIAN PELAKSANAANNYA


Jenis Model Pembelajaran
Uraian Pelaksanaan Model Pembelajaran
Metode Pembelajaran
1. Examples  
    non
    Examples
1.      Guru mempersiapkan gambar-gambar yang sesuai, kemuidan menempelkannya pada OHP
2.      Siswa menganlisa Gambar
3.      Siswa berdisusii dalam kelompok
4.      Tiap kelompok (perwakilan) membacakan hasil analisa diskusi kelompok
5.      Guru menjelaskan sesuai dengan tujuan

Ceramah
Demontrasi
Diskusi
2. Picture and
    Picture
1.      Guru menyajikan materi dengan ceramah
2.      Guru menunjukan gambar-gambar sesuai dengan materi pembelajaran
3.      Guru menyuruh siswa untuk mengurutkan gambar menjadi urutan yang logis
4.      Berdiskusi dengan siswa
5.      Menyimpulkan dan menanggapi pol apemikiran siswa
Ceramah
Diskusi
Demontrasi
Simulasi
3. Numbered
    Heads
   Together
1.      Siswa dibagi dalam beberapa kelompok dan setiap kelompok mendapat satu nomor
2.      Guru membagikan tugas dan masing-masing mengerjakan dengan cara berdiskusi sesuai dengan nomor yang diperoleh
3.      Setiap kelompok diwajibkan mempresentasi kan dan mempertahankan argumen jawa bannya.
Ceramah
Diskusi
Simulasi

4.Cooperative
   Script
Siswa berpasangan dan bergantian secara lisan mengikhtisarkan bagian-bagian dari materi yang dipelajari
Ceramah
Diskusi

5. Kepala
    bernomor
    Struktur
1.      Siswa dibagi-bagi menjadi beberapa kelompok dan setiap kelompok mendapat satu nomor
2.      Sestiap kelompok diberikan tugas yang harus dikerjakan secara berdiskusi keoompok sesuai dengan nomor yang dimiliki.
3.      Setiap kelompok harus mempertahankan kawabannya
4.      Kesimpulan pembelajaran di lakukan oleh guru secara bersama-sama..
Ceramah
Diskusi
Simulasi

6. Student
   Team-achie
    vement 
   divisiOns
(team siswa kelompok prestasi)
1.        Membentuk kelompok yang anggotanya minimal 4 orang secara heterogen.
2.        Guru menyajikan  bahasan pelajaran secara ceramah
3.        Guru memberikan tugas pada kelompok untuk dikerjakan oleh anggotanya dengan diskusi, hingga diperoleh pemahaman yang sama.
4.        Guru memberikan kuis kepada seluruh siswa dengan soal yang sama dan tidak bekerja sama.
5.        memberikan evaluasi
6.        membuat kesimpulan.
Ceramah
Diskusi

7. JIGSAW
1.      Siswa dikelompokan  minimal 4 orang
2.      tiap orang dalam kel. Diberi materi yang berbeda
3.      tiap orang dalam kel. Diberi materi yang ditugaskan
Ceramah
Diskusi
Demontrasi
Simulasi


4.      Anggota dari kel. Yang berbeda telah mempelajari bahasan sama bertemu dalam kelompok baru untuk mendiskusikan bahasan mereka
5.      Setelah selesai diskusi sebagaian anggota kembali pada kelompok asal dan menjelaskan apa yang mereka  peroleh
6.      Semua kelomppok mempresentasikan hasil diskusinya.
7.      Guru memberikan kesimpulan dan evaluasi

8. Problema
    Based
    Introductions
1.      Guru memebantu siswa mendefinisikan dan mengorganisasikan tugas belajar yang berhubungan dengan masalah pelajaran.
2.      Guru mendorong siswa untuk mengumpulkan informasi yang sesuai, eksperimen untuk mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah, pengumpulan data an hupotesa.
3.      Guru membantu siswa dalam merencanakan menyiapkan kerja yang seperti laporan
4.      Guru membantu siswa untuk melakukan reflesi atau evaluasi terhadap penyelidikan .
Ceramah
Diskusi
Eksperimen
Proyek
Simulasi
9. Artikulasi
1.      Guru menyajikan materi bahasan pelajaran dengan metode ceramah.
2.      Bentuk kelompok yangterdiri dari 2 orang anggota (perpasangan)
3.      Berikan nomor anggota dan kelompok
4.      Anggota 1 menjelaskan materi yangtelah diterima pada anggota 2 secara nalar dan sebaliknya
5.      Gurui menyimpulkan materi yang telah disampaikan.
Ceramah
Diskusi
Simulasi

10.Mid
     Mapping
Mid Mapping ini digunakan untuk mengukur pengetahuan awal siswa dan untuk menemukan alternatif merodelogi lanjutan.
1.      Guru mengemukakan konsep dan permasa-lahan yangharus ditanggapi oleh siswa.
2.      siswa di wajibkan untuk menangghapi permasalahan tersebut dalam kelompok yangterdiri dari 2 atau 3 orang
3.      tiap anggota alam kelompok berdiskuksi hingga mufakat terhadap jawaban pada setiap permasalahan
4.      Tiap kelompok wajib menyampaikan hasil jawabannya dan mempertahankan argumen-tasinya di hadapan kelompok yang lainnya.
Ceramah
Diskusi
Percobaan
Simulasi
11. Make-A
     Amatch
1.      Guru menyajikan beberapa kartu yang berisi beberapa konsep atau topik yang cocok untuk sesi review, sebaliknya satu bagian kartu soal dan bagian lainnya kartu jawaban.
2.      Setiap siswa mendapat satu bauh kartu
3.      Tiap siswa memikirkan jawaban/soal dari kartu yang dipegang
4.      Setiap siswa mencari pasdangan yang mempunyai kartu yang cocok dengan kartu soal yang dipegangnya.
5.      Setiap siswa yang dapat mencocokan kartunya sebelum batas waktu
6.      Setelah satu babak kartu dicocokan lagi ahar siswa mendapat kartu yang berbeda dari sebelumnya
7.      Demikian seterusnya
8.      Guru membahas dan menyimpulkan materi yang telah di sampaikan.
Ceramah
Diskusi
Simulasi

12. Think Pair 
     and Share
1.      Guru memberikan penjelasan tentang suatu bentuk materi pembelajaran secara ceramah atau demontrasi.
2.      Siswa diminta untuk menanggapi dan berpikir tentang permsalahan yang ditunjukan
3.      Siswa diminta untuk berpasangan dengan teman semejnya (2 orang)
4.      Guru memimpin pleno kecil dan memberikan penghargaan penilaian terhadap siswa yang aktif
5.      Guru mengerahkan jawaban dan pertanyaan siswa terhadap penguasaan materi pembelajaran
Ceramah
Diskusi
Demontrasi
Simulasi

13. Debate
1.      Guru membagi siswa menajdi 2 kelompok peserta debat, yang satu kelompok Pro dan yang lain kelompok kontra.
2.      Guru membacakan permasalahan atau kasus sebagai bahan perdebatan
3.      Guru memberikan tugas pada salah satu kelompok untuk memberikan tanggapan pada kasus yang diberikan
4.      kelompok lain harus memberikan perdeba-tannya secara berhantian, diwajibkan setiap kelompok untuk tidak boleh diam atau setuju terhadap perdebatan tersebut
5.      Guru menghentikan perdebatan jika hampir menemukan kesepakatan nilai benar
6.      .Guru memberikan evaluasi terhadap pemahaman dan aktifitas siswa.
Ceramah
Diskusi
Demontrasi
14. Role  
      Playing
1.        Guru menyiapkan skenario yang akan ditampilkan
2.        Guru menyuruh beberapa siswa untuk mempelajari skenario tersebut dua hari sebelumnya
3.        Guru membentuk Kelompok siswa yang anggotanya 4-5 orang
4.        Guru memberikan penejlasan tentang kompetensi yang ingin di capai
5.        Guru memenggil para siswa yang telah di berikan tugas sekanrio
6.        Masing-masing duduj sebagai ketu a kelompok dan mempresentasikan materi sesuai dengan pemahamannya
7.        Masing-masing kelompok menyampaikan kesimpulan dari proses pemahamannya
8.        Guru menyampaikan kesimpulan dan evaluasi
Diskusi
Simulasi
Tutorial
Proyek
15.Group
    Invertiga- 
     tions
1.      Guru membagi kelas dalam ebebrapa kelompok heterogen
2.      Guru menjelaskan pada ketua-ketua kelompok untuk satu materi tugas yang berbeda.
3.      masing-masing kelompok membahas materi yang sudah ada secara kooperatif berisi penemuan
4.      Kelompok melakuakn diskusi untukmembahas setiap tugas yang diberikan.
5.      Melalui ketua kelompoknya, hasil diskusi di presentasikan pada yang lainnya.
6.      Guru menyimpulkan dan memberikan evaluasi.
Ceramah
Diskusi
Percobaan
Simulasi
Proyek

16.Talking
     Stik
1.      Guru menyiapkan sebuah tongkat
2.      Guru menyaikan materi pembelajaran dengan ceramah secara sekilas, yang kemudian diberikan kesempatan pada siswa untum memnaca materi baik dari buku atau melalui suatu modil tertentu
3.      Jika sudah selesai diwajibkan siswa untuk menutup bukunya.
4.      Guru memegang tongkat dan siswa yang menerima tongkat tersebut berkewajiban untuk menjawab pertanyaan guru
5.      Kegitan ini dapat dilakukan dengan cara bernyanyi-nyanyi dan ketika tongkat diberikan, nyanyian dihentikan, sehingga siswa termotivasi untuk mengkondisikan dirinya dalam keadaan siap.
Ceramah
Diskusi
Tutorial
Simulasi
17.Bertukar
     Pasangan
1.      Setiap siswa mendapat satu pasangan (guru bisa menunjukan pasangan atau siswa menunjuj pasangannya masing-masing)
2.      Guru memberikan tugas dan siswa mengertjakan tugas dengan pasangannya
3.      Setelah selesai setiap pasangan bergabung dengan satu pasangan lainnya
4.      Kedua pasangan tersebut bertukar pasangan, masing-masing pasangan yang baru saling menanyakan dan mengkukuhkan jawaban mereka
5.      Teman baru yang diperoleh dari pertukaram psangan kemudian dibagikan kepasa pasangan semula.
Ceramah
Diskusi
Simulasi

18.Snowball
     Throwing
1.      Guru membentuk kelompok dan memanggil ketu akelompok yang kemudian, guru menjelaskan materi bahasan pada setiap kelompok
2.      Masing-masing ketu kelompok menjelaskan materi bahasan pada anggota kelompoknya
3.      Kemidian masing-masing siswa diberikan satui lembar kertas kerja dan menuliskan satu pertanyaan apa saja yang menyangkut materi pembelajaran.
4.      Kemudian kertas kerja dibuat seperti bola dan dilemparkan dari satu siswa ke siswa lainnya selama ±15 menit, dan setiap siswa diharuskan memegang kertas kerja milik orang lain
5.      Setiap siswa diwajibkan menjawabn pertanyaan yang ada pada kertas bola yang diperolehnya.
6.      Berikan nilai penghargaan pada siswa yang menajwab dengan benar.
Ceramah
Diskusi
Simulasi
19 Student
    Facilitator
    and
    Explaining
1.      Guru menyampaikan materi pembelajaran dengan metode ceramah, demontrasi atau percobaan sederhana.
2.      Siswa diwajibkan untuk menanggapi dan menyimpulkan terhadap materi pembelajaran dengan cara ditulis pada lembar kerja.
3.      Lembar kerja dikumpulkan dan dievaluasi dengan cara dikelompokkan jawaban yang salah dan jawaban yang benar.
4.      Berikan waktu kepada siswa yang menjawab benar untuk menjelaskan kesimpulan dan tanggapannya terhadapo materi bahasan tersebut.
5.      Jawaban di simpulkan oleh guru.
Ceramah
Diskusi
Simulasi
Demontrasi
Percobaan
20.Course
    Review
    Horay
1.      Guru menyajikan materi pembahasan dengan metode pembelajaran yang sesuai.
2.      Memberikan kesempatan pada siswa untuk tanya jawab
3.      Untuk menguji pemahaman, siswa disush untuk membuat kotak 9 buah dan setiap kotak diisi dengan nomor soal secara acak
4.      Semua siswa dipersilahkan berdiri.
5.      Guru membaca soal secara acak dan langsung mendiskusikan, jika benar tandai dengan V dan jika salah tandai dengan X
6.      Jika siswa sudah  mendapat jawaban 3 V penuh ke arah vertikal atau horizontal, maka diharuskan berteriak Horay..... atau yel-yel dan dipersilahkan  untuk duduk
7.      Nilai siswa tetap dihitung dari jawaban yang benar.
Ceramah
Diskusi
(metode bebas)
21.Demontra-
     tion
Khusus untuk materi yang memerlukan peragaan atau percobaan.
1.      Bagi siswa menjadi beberapa kelompok
2.      Persiapkan sarana penunjang demontrasi
3.      Guru menjelaskan suatu materi pembelajaran dengan cermah
4.      Setiap kelompok diwajibkan untuk mendemontrasikan alat sesuai dengan materi yang sedang dibahas
5.      Setiap kelompok diwajibkan membuat laporan analisis dan memperesesntasikan pada kelompok lainnya
6.      Guru menyimpulkan bahasan yang telah dibahas.
Ceramah
Diskusi
Percobaan
Demontrasi
Simulasi
22.Explicit
    Intructions
    (Pembelaja-
    ran 
    langsung)
Pembelajaran langsung khusus dirancang untuk mengembangkan belajar siswa tentang pengeta-huan proseduran dan pengetahuan delkaratif yang dapat diajarkan dengan pola selangkah demi selangkah :
1.      Guru mendemontrasikan pengetahuan dan keterampilan.
2.      Membimbing pelatihan
3.      Mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik
4.      memberikan kesempatan untuk latihan lanjutan
Ceramah
Diskusi
Demontrasi
23.Cooperative
    Integrade re
    ading and Co
    mposistions
    (CICR)
1.      Guru memebentuk kelompok kerja siswa yang beranggotan 4 s.d 5 orang secara heterogen.
2.      Guru memeberikan wacana/kliping sesuai dengan topik pembelajaran.
Ceramah
Diskusi
Demontrasi

3.      Siswa bekerja sama saling membacakan dan menemukan ide pokok dan memberi tanga-pan terhadap wacana/kliping dan ditulis pa-da lembar kerja
4.      Setiap kelompok wajib mempresentasikan tanggapannya
5.      Guru membuat kesimpulan bahan pembela-jaran

24.Inside-
    Outside-
    Circle
1.      Separuh kelas nerdiri membentuk lingkaran kecil dan menghadap ke luar
2.      Separuh kelas lainnya membentuk lingkaran di luar lingkaran pertama menghadap ke dalam
3.      Dua siswa yang berpasangan dari lingkaran kecil dan besar berbagi informasi. Pertuka-ran informasi ini bisa dilakukan oleh semua dalam waktu bersamaan.
4.      kemudian siswa berada di lingkaran kecil diam di tempat, sementara siswa yang berada di lingkaran besar bergeser satu atau dua langkah jarum jam
5.      Sekarang giliran siswa berada di lingkaran besar yang membagi informasi. Demikian seterusnya..
Ceramah
Diskusi
Demontrasi
25.Tebak Kata
Media :
Buatkan kartu ukuran 10x10cm, dan isilah dengan ciri-ciri atau kata-kata lainnya yang mengarah pada jawaban (istilah) pada kartu yang ingin ditebak.
Buatkan kartu ukuran 5x2cm untuk menuliskan kata-kata atau istilah yang mau ditebak. (kartu ini nanti dilipat dan ditempel pada dahi atau ditempel ditelinga)
1.      Seluruh siswa berdiri didepan kelas dan berpsangan
2.      Seorang siswa diberikan kartu yang berukuran 10x10cm yang nanti dibacakan pada pasangannya, seorang siswa yanglainnya diberi kartu yang berukuran 5x2 cm yang isinya tidak boleh dibaca, kemudian ditempelkan di dahi atau diselipkan ditelinga. Sementara siswa yang membawa kartu 10x10cm membacakan kata-kata yang ditulis di dalamnya, sementaar psangannya, menabak apa yang dimaksud dalam kartu 10x10cm. Jawaban tepat bisa sesuai dengan isi kartu yang ditempelkan di dahi atau di  telinga.
Ceramah
Diskusi
Demontrasi
26.Word Score
Media : Biatkan kotak sesuai keperluan an buatkan soial sesuai dengan indikator :
1.       sampaikan materi sesuai dengan bahan pembelajaran
2.       Bagikan lembar kerja
3.       Siswa disuruh untuk menjawab soial dan mengarsir huruf dalam kotak sesuai dengan jawaban
4.       Berikan point setiap jawaban paa kotak
Ceramah
Diskusi
Demontrasi
27.Scrable
Media : Buatlah pertanyaan yang sesuai dengan Indikator, dan buatkan jawaban yang diacak hurufnya.
1.      Sajikan materi pembelajaran dengan metode yang sesuai.
2.      bagikan lembar kegiatan siswa yang berisikan 2 jenis kolom, dimana kolan kiri berisikan soal dan kolom kanan berisikan jawaban.
3.      Siswa diwajibkan untuk menjodohkan soial dengan jawaban yang sesuai
Ceramah
Diskusi
Demontrasi
28.Take and
     Give
Media :Buatkan kartu ±10x15cm, setiap kartu berisi sub bahasan yang berbeda sesuai dengan indikator. Dan berisikan identitas siswa dan kelompoknya.
1.      Untuk memantapkan penguasaan peserta tiap siswa dibewri masing-masing satu kartu untuk dipelajari (dihapal) lebih kurang 5 menit. Semua siswa disush berdiri dan mencari pasangan untuk saling menginformasikan. Setiap siswa harus mencatat nama pasangannya pada kartu contoh. Demikian seterusnya sampai tiappeserta dapat saling memberi dan menerima materi masing-masing (take and Give). Untuk mengevaluasi keberhasilan siswa diberikan pertanyaan yang tak sesuai dengan kartunya. Strategi ini dapat dimodifikasi sesuai dengan keadaan.
2.      Guru menyimpulkan semua materi bahasan.
Ceramah
Diskusi
Demontras
atau
Multi metode
29.Concept
     Sentences
1.      Guru menyajikan materi pembelajaran dengan menggunakan ssuatu media& metode
2.      Guru membentuk kelompok yang tersiri dari 4 orang siswa yang heterogen
3.      Menyajika beberapa kata kinci sesuai dengan materi yang disajikan
4.      Setiap kelompok disuruh membuat beberapa kalimat dengan menggunakan minimal 4 kata kunci setiap kalimatnya.
5.      Hasil diskusi kelompok didiskusikan lagi secara pleno atas bimbingan guru.
Multi metode
30.Complette
     Sentences
Media : Siapkan blangko isian berupa paragrap yang kalimatnya belum lengkap.
1.      Guru membagikan modul atau lembar kerja dan guru menjelaskan sekilas dengan multi media yangsesuai.
2.      Bentuk 3 kelompok yang heterogen
3.      Peserta diharapkan bersiskusi untuk melengkapi kalimat kunci jawaban yang tersedia.
4.      Setiap peserta diberikan waktu untuk memehami danmenghapal konsep yang disajikan
5.      Evaluasi
Ceramah
Diskusi
Demontrasi
31.Time
     Token
Struktur yang apat digunakan untuk mengajarkan keterampilan sosial, untuk menghidnari siswa mendominasi pembicaraan atau siswa diam sama sekali.
1.      Kondisikan kelas untuk melaksanakan diskusi (copperative learnning)
2.      Setiap siswa diberi kupon berbicara ±30 detik)
3.      setiap siswa diberi sejumlah nilai sesuai waktu
4.      Bila telah selesai berbicara kupon yang dipegang siswa diserahkan, setiap berbicara setiap point
5.      Siswa yang telah habis kuponnya  mendapat nilai.
Ceramah
Diskusi
Demontrasi

Multi metoda
32. Pair Checks
1.      Bekerja berpsangan : Bentuk tim dalam psangan-psangan dua siswa, dalam psangan itu mereka mengerjakan soal.
2.      Pelatih mengecek, apabila partner benar, pelatih memberi kupon nilai benar.
3.      Bertukar peran; seluruh partner bertukar peran an mengurangi waktu 1- 3 langkah
4.      Pasangan mengecek; seluruh pasangan tim kembali bersama dan membantingkan jawaban.
5.      Penegasan diri; mengarahkan jawaban/ ide sesuai  bahasan pembelajaran
Ceramah
Diskusi
Demontrasi
33.Keliling
     Kelompok
Maksudnya agar masing-masing anggota kelom-pok mendapat kesempatan memberikan kontribusi dan mendengarkan pandangan dan pemikiran anggota lainnya :
  1. Salah satu siswa dalam kelompok menilai dengan memberikan pandangan an pemikiran mengenai tugas yangsedang mereka kerjakan.
  2. Siswa berikutnya giliran berbicara memberikan kontribusinya.
Ceramah
Diskusi
Multi metode
Jenis Model Pembelajaran
Gambaran Pelaksanaan Model Pembelajaran
Metode Pembelajaran
34.Tari Bambu
Agae siswa saling berbagi informasi pada saat yang bersamaan dengan pasangan yang berbeda dalam waktu singkat secara teratur strategi ini cocok untuk materi bahasan yang membutuhkan pertukaran pengalaman, pikiran dan informasi antar siswa.
1.      Separuh siswa dalam kelas berdiri berjajar, Jika ruangan cukup, mereka bisa belajar di depan kelas, kemungkinan lain siswa belajar disela-sela meja kelas, Cara yang kedua memudahkan membentuk kelompok karena diperlukan waktu relatif singkat.
2.      Separuh keas lainnya berjajar menghadap jajatan yang pertama, Dua siswa yang berpasangan dari kedua jajaran berbagi informasi, Kemudian satu atau dua siswa yang berdiri di ujung berpindah ke ujung lainnya, dan anggota jajaran berbeser, dengan cara ini masing-masing siswa mendapat psangan yang baru untuk berbagi informasi, Pergeseran bis adilakukan terus sesuai dengan kebutuhan.
Ceramah
Diskusi
Multi Metode
35.Dua tinggal
     dua tamu.
     (two stay
     and two
     stray)
Memberi kesempatan kepada kelompok untuk membagi hasil dan informasi dengan kelompok lainnya.
Caranya :
Siswa bekerja sama dengan kelompok berempat seperti biasa, setelah selesai, dua orang tadi masing-masing bertamiu pada kelompok yang lainnya, Dua orang yang tinggal dalam kelompok bertugas membagikan hasil kerja dan informasi mereka ke tamu mereka. Tamu mohon diri dan kembali ke kelompok mereka sendiri dan melaporkan temuan mereka dari kelompok lain. Kelompok mencocokan danmembahas hasil kerja mereka.
Ceramah
Diskusi
 Multi media dan multi metode



Tidak ada komentar: