| 
Jenis
  Model Pembelajaran | 
Uraian
  Pelaksanaan Model Pembelajaran | 
Metode
  Pembelajaran | 
| 
1. Examples    
    non  
    Examples | 
1.     
  Guru mempersiapkan
  gambar-gambar yang sesuai, kemuidan menempelkannya pada OHP 
2.     
  Siswa menganlisa Gambar 
3.     
  Siswa berdisusii dalam
  kelompok 
4.     
  Tiap kelompok (perwakilan)
  membacakan hasil analisa diskusi kelompok 
5.     
  Guru menjelaskan sesuai
  dengan tujuan | 
Ceramah 
Demontrasi 
Diskusi | 
| 
2. Picture and  
    Picture | 
1.     
  Guru menyajikan materi dengan
  ceramah 
2.     
  Guru menunjukan gambar-gambar
  sesuai dengan materi pembelajaran 
3.     
  Guru menyuruh siswa untuk
  mengurutkan gambar menjadi urutan yang logis 
4.     
  Berdiskusi dengan siswa 
5.     
  Menyimpulkan dan menanggapi
  pol apemikiran siswa | 
Ceramah 
Diskusi 
Demontrasi  
Simulasi | 
| 
3. Numbered  
    Heads  
   Together | 
1.     
  Siswa dibagi dalam beberapa kelompok
  dan setiap kelompok mendapat satu nomor 
2.     
  Guru membagikan tugas dan
  masing-masing mengerjakan dengan cara berdiskusi sesuai dengan nomor yang
  diperoleh 
3.     
  Setiap kelompok diwajibkan
  mempresentasi kan dan mempertahankan argumen jawa bannya. | 
Ceramah 
Diskusi 
Simulasi | 
| 
4.Cooperative  
   Script | 
Siswa berpasangan dan
  bergantian secara lisan mengikhtisarkan bagian-bagian dari materi yang
  dipelajari | 
Ceramah 
Diskusi | 
| 
5. Kepala  
    bernomor  
    Struktur | 
1.     
  Siswa dibagi-bagi menjadi
  beberapa kelompok dan setiap kelompok mendapat satu nomor 
2.     
  Sestiap kelompok diberikan
  tugas yang harus dikerjakan secara berdiskusi keoompok sesuai dengan nomor
  yang dimiliki. 
3.     
  Setiap kelompok harus
  mempertahankan kawabannya 
4.     
  Kesimpulan pembelajaran di
  lakukan oleh guru secara bersama-sama.. | 
Ceramah 
Diskusi 
Simulasi | 
| 
6. Student  
   Team-achie  
    vement   
   divisiOns | 
(team siswa kelompok
  prestasi) 
1.       
  Membentuk kelompok yang
  anggotanya minimal 4 orang secara heterogen. 
2.       
  Guru menyajikan  bahasan pelajaran secara ceramah 
3.       
  Guru memberikan tugas pada
  kelompok untuk dikerjakan oleh anggotanya dengan diskusi, hingga diperoleh
  pemahaman yang sama. 
4.       
  Guru memberikan kuis kepada
  seluruh siswa dengan soal yang sama dan tidak bekerja sama. 
5.       
  memberikan evaluasi 
6.       
  membuat kesimpulan. | 
Ceramah 
Diskusi | 
| 
7. JIGSAW | 
1.     
  Siswa dikelompokan  minimal 4 orang 
2.     
  tiap orang dalam kel. Diberi
  materi yang berbeda 
3.     
  tiap orang dalam kel. Diberi
  materi yang ditugaskan | 
Ceramah 
Diskusi 
Demontrasi 
Simulasi | 
| 
4.     
  Anggota dari kel. Yang
  berbeda telah mempelajari bahasan sama bertemu dalam kelompok baru untuk
  mendiskusikan bahasan mereka 
5.     
  Setelah selesai diskusi
  sebagaian anggota kembali pada kelompok asal dan menjelaskan apa yang
  mereka  peroleh 
6.     
  Semua kelomppok
  mempresentasikan hasil diskusinya. 
7.     
  Guru memberikan kesimpulan
  dan evaluasi | ||
| 
8. Problema  
    Based  
    Introductions | 
1.     
  Guru memebantu siswa
  mendefinisikan dan mengorganisasikan tugas belajar yang berhubungan dengan
  masalah pelajaran. 
2.     
  Guru mendorong siswa untuk
  mengumpulkan informasi yang sesuai, eksperimen untuk mendapatkan penjelasan
  dan pemecahan masalah, pengumpulan data an hupotesa. 
3.     
  Guru membantu siswa dalam
  merencanakan menyiapkan kerja yang seperti laporan 
4.     
  Guru membantu siswa untuk
  melakukan reflesi atau evaluasi terhadap penyelidikan . | 
Ceramah 
Diskusi 
Eksperimen 
Proyek 
Simulasi | 
| 
9. Artikulasi | 
1.     
  Guru menyajikan materi
  bahasan pelajaran dengan metode ceramah. 
2.     
  Bentuk kelompok yangterdiri
  dari 2 orang anggota (perpasangan) 
3.     
  Berikan nomor anggota dan
  kelompok  
4.     
  Anggota 1 menjelaskan materi
  yangtelah diterima pada anggota 2 secara nalar dan sebaliknya 
5.     
  Gurui menyimpulkan materi
  yang telah disampaikan. | 
Ceramah 
Diskusi 
Simulasi | 
| 
10.Mid  
     Mapping | 
Mid Mapping ini digunakan
  untuk mengukur pengetahuan awal siswa dan untuk menemukan alternatif
  merodelogi lanjutan. 
1.     
  Guru mengemukakan konsep dan
  permasa-lahan yangharus ditanggapi oleh siswa. 
2.     
  siswa di wajibkan untuk
  menangghapi permasalahan tersebut dalam kelompok yangterdiri dari 2 atau 3
  orang 
3.     
  tiap anggota alam kelompok
  berdiskuksi hingga mufakat terhadap jawaban pada setiap permasalahan 
4.     
  Tiap kelompok wajib
  menyampaikan hasil jawabannya dan mempertahankan argumen-tasinya di hadapan
  kelompok yang lainnya. | 
Ceramah 
Diskusi 
Percobaan 
Simulasi | 
| 
11. Make-A  
     Amatch  | 
1.     
  Guru menyajikan beberapa
  kartu yang berisi beberapa konsep atau topik yang cocok untuk sesi review,
  sebaliknya satu bagian kartu soal dan bagian lainnya kartu jawaban. 
2.     
  Setiap siswa mendapat satu
  bauh kartu 
3.     
  Tiap siswa memikirkan
  jawaban/soal dari kartu yang dipegang 
4.     
  Setiap siswa mencari
  pasdangan yang mempunyai kartu yang cocok dengan kartu soal yang dipegangnya. 
5.     
  Setiap siswa yang dapat
  mencocokan kartunya sebelum batas waktu 
6.     
  Setelah satu babak kartu
  dicocokan lagi ahar siswa mendapat kartu yang berbeda dari sebelumnya 
7.     
  Demikian seterusnya 
8.     
  Guru membahas dan
  menyimpulkan materi yang telah di sampaikan. | 
Ceramah 
Diskusi 
Simulasi | 
| 
12. Think Pair   
     and Share | 
1.     
  Guru memberikan penjelasan
  tentang suatu bentuk materi pembelajaran secara ceramah atau demontrasi. 
2.     
  Siswa diminta untuk
  menanggapi dan berpikir tentang permsalahan yang ditunjukan 
3.     
  Siswa diminta untuk
  berpasangan dengan teman semejnya (2 orang) 
4.     
  Guru memimpin pleno kecil dan
  memberikan penghargaan penilaian terhadap siswa yang aktif  
5.     
  Guru mengerahkan jawaban dan
  pertanyaan siswa terhadap penguasaan materi pembelajaran | 
Ceramah 
Diskusi 
Demontrasi 
Simulasi | 
| 
13. Debate | 
1.     
  Guru membagi siswa menajdi 2
  kelompok peserta debat, yang satu kelompok Pro dan yang lain kelompok kontra. 
2.     
  Guru membacakan permasalahan
  atau kasus sebagai bahan perdebatan 
3.     
  Guru memberikan tugas pada
  salah satu kelompok untuk memberikan tanggapan pada kasus yang diberikan 
4.     
  kelompok lain harus
  memberikan perdeba-tannya secara berhantian, diwajibkan setiap kelompok untuk
  tidak boleh diam atau setuju terhadap perdebatan tersebut 
5.     
  Guru menghentikan perdebatan
  jika hampir menemukan kesepakatan nilai benar 
6.     
  .Guru memberikan evaluasi
  terhadap pemahaman dan aktifitas siswa. | 
Ceramah 
Diskusi 
Demontrasi | 
| 
14. Role    
      Playing | 
1.       
  Guru menyiapkan skenario yang
  akan ditampilkan 
2.       
  Guru menyuruh beberapa siswa
  untuk mempelajari skenario tersebut dua hari sebelumnya 
3.       
  Guru membentuk Kelompok siswa
  yang anggotanya 4-5 orang 
4.       
  Guru memberikan penejlasan
  tentang kompetensi yang ingin di capai 
5.       
  Guru memenggil para siswa
  yang telah di berikan tugas sekanrio 
6.       
  Masing-masing duduj sebagai
  ketu a kelompok dan mempresentasikan materi sesuai dengan pemahamannya 
7.       
  Masing-masing kelompok
  menyampaikan kesimpulan dari proses pemahamannya 
8.       
  Guru menyampaikan kesimpulan
  dan evaluasi | 
Diskusi 
Simulasi 
Tutorial 
Proyek | 
| 
15.Group  
   
  Invertiga-   
     tions | 
1.     
  Guru membagi kelas dalam
  ebebrapa kelompok heterogen 
2.     
  Guru menjelaskan pada
  ketua-ketua kelompok untuk satu materi tugas yang berbeda. 
3.     
  masing-masing kelompok
  membahas materi yang sudah ada secara kooperatif berisi penemuan 
4.     
  Kelompok melakuakn diskusi
  untukmembahas setiap tugas yang diberikan. 
5.     
  Melalui ketua kelompoknya,
  hasil diskusi di presentasikan pada yang lainnya. 
6.     
  Guru menyimpulkan dan
  memberikan evaluasi. | 
Ceramah 
Diskusi 
Percobaan 
Simulasi 
Proyek | 
| 
16.Talking  
     Stik | 
1.     
  Guru menyiapkan sebuah
  tongkat 
2.     
  Guru menyaikan materi
  pembelajaran dengan ceramah secara sekilas, yang kemudian diberikan
  kesempatan pada siswa untum memnaca materi baik dari buku atau melalui suatu
  modil tertentu 
3.     
  Jika sudah selesai diwajibkan
  siswa untuk menutup bukunya. 
4.     
  Guru memegang tongkat dan
  siswa yang menerima tongkat tersebut berkewajiban untuk menjawab pertanyaan
  guru 
5.     
  Kegitan ini dapat dilakukan
  dengan cara bernyanyi-nyanyi dan ketika tongkat diberikan, nyanyian
  dihentikan, sehingga siswa termotivasi untuk mengkondisikan dirinya dalam
  keadaan siap. | 
Ceramah 
Diskusi 
Tutorial 
Simulasi | 
| 
17.Bertukar  
     Pasangan | 
1.     
  Setiap siswa mendapat satu
  pasangan (guru bisa menunjukan pasangan atau siswa menunjuj pasangannya
  masing-masing) 
2.     
  Guru memberikan tugas dan
  siswa mengertjakan tugas dengan pasangannya 
3.     
  Setelah selesai setiap pasangan
  bergabung dengan satu pasangan lainnya 
4.     
  Kedua pasangan tersebut
  bertukar pasangan, masing-masing pasangan yang baru saling menanyakan dan
  mengkukuhkan jawaban mereka 
5.     
  Teman baru yang diperoleh
  dari pertukaram psangan kemudian dibagikan kepasa pasangan semula. | 
Ceramah 
Diskusi 
Simulasi | 
| 
18.Snowball  
     Throwing | 
1.     
  Guru membentuk kelompok dan
  memanggil ketu akelompok yang kemudian, guru menjelaskan materi bahasan pada
  setiap kelompok  
2.     
  Masing-masing ketu kelompok
  menjelaskan materi bahasan pada anggota kelompoknya 
3.     
  Kemidian masing-masing siswa
  diberikan satui lembar kertas kerja dan menuliskan satu pertanyaan apa saja
  yang menyangkut materi pembelajaran. 
4.     
  Kemudian kertas kerja dibuat
  seperti bola dan dilemparkan dari satu siswa ke siswa lainnya selama ±15
  menit, dan setiap siswa diharuskan memegang kertas kerja milik orang lain 
5.     
  Setiap siswa diwajibkan
  menjawabn pertanyaan yang ada pada kertas bola yang diperolehnya. 
6.     
  Berikan nilai penghargaan
  pada siswa yang menajwab dengan benar. | 
Ceramah 
Diskusi 
Simulasi | 
| 
19 Student  
    Facilitator  
    and  
    Explaining | 
1.     
  Guru menyampaikan materi
  pembelajaran dengan metode ceramah, demontrasi atau percobaan sederhana. 
2.     
  Siswa diwajibkan untuk
  menanggapi dan menyimpulkan terhadap materi pembelajaran dengan cara ditulis
  pada lembar kerja. 
3.     
  Lembar kerja dikumpulkan dan
  dievaluasi dengan cara dikelompokkan jawaban yang salah dan jawaban yang
  benar. 
4.     
  Berikan waktu kepada siswa
  yang menjawab benar untuk menjelaskan kesimpulan dan tanggapannya terhadapo
  materi bahasan tersebut. 
5.     
  Jawaban di simpulkan oleh
  guru.  | 
Ceramah 
Diskusi 
Simulasi 
Demontrasi 
Percobaan | 
| 
20.Course  
    Review  
    Horay | 
1.     
  Guru menyajikan materi
  pembahasan dengan metode pembelajaran yang sesuai. 
2.     
  Memberikan kesempatan pada
  siswa untuk tanya jawab 
3.     
  Untuk menguji pemahaman, siswa
  disush untuk membuat kotak 9 buah dan setiap kotak diisi dengan nomor soal
  secara acak 
4.     
  Semua siswa dipersilahkan
  berdiri. 
5.     
  Guru membaca soal secara acak
  dan langsung mendiskusikan, jika benar tandai dengan V dan jika salah tandai
  dengan X 
6.     
  Jika siswa sudah  mendapat jawaban 3 V penuh ke arah vertikal
  atau horizontal, maka diharuskan berteriak Horay..... atau yel-yel dan
  dipersilahkan  untuk duduk 
7.     
  Nilai siswa tetap dihitung
  dari jawaban yang benar. | 
Ceramah 
Diskusi 
(metode bebas) | 
| 
21.Demontra- 
     tion | 
Khusus untuk materi yang
  memerlukan peragaan atau percobaan. 
1.     
  Bagi siswa menjadi beberapa
  kelompok 
2.     
  Persiapkan sarana penunjang
  demontrasi 
3.     
  Guru menjelaskan suatu materi
  pembelajaran dengan cermah  
4.     
  Setiap kelompok diwajibkan
  untuk mendemontrasikan alat sesuai dengan materi yang sedang dibahas 
5.     
  Setiap kelompok diwajibkan
  membuat laporan analisis dan memperesesntasikan pada kelompok lainnya 
6.     
  Guru menyimpulkan bahasan
  yang telah dibahas. | 
Ceramah 
Diskusi 
Percobaan 
Demontrasi 
Simulasi | 
| 
22.Explicit  
    Intructions 
    (Pembelaja-  
    ran   
    langsung) | 
Pembelajaran langsung khusus
  dirancang untuk mengembangkan belajar siswa tentang pengeta-huan proseduran
  dan pengetahuan delkaratif yang dapat diajarkan dengan pola selangkah demi
  selangkah : 
1.     
  Guru mendemontrasikan pengetahuan
  dan keterampilan. 
2.     
  Membimbing pelatihan 
3.     
  Mengecek pemahaman dan
  memberikan umpan balik 
4.     
  memberikan kesempatan untuk
  latihan lanjutan | 
Ceramah 
Diskusi 
Demontrasi | 
| 
23.Cooperative  
    Integrade re  
    ading and Co 
    mposistions 
    (CICR) | 
1.     
  Guru memebentuk kelompok
  kerja siswa yang beranggotan 4 s.d 5 orang secara heterogen. 
2.     
  Guru memeberikan
  wacana/kliping sesuai dengan topik pembelajaran. | 
Ceramah 
Diskusi 
Demontrasi | 
| 
3.     
  Siswa bekerja sama saling
  membacakan dan menemukan ide pokok dan memberi tanga-pan terhadap
  wacana/kliping dan ditulis pa-da lembar kerja 
4.     
  Setiap kelompok wajib
  mempresentasikan tanggapannya  
5.     
  Guru membuat kesimpulan bahan
  pembela-jaran | ||
| 
24.Inside- 
    Outside- 
    Circle | 
1.     
  Separuh kelas nerdiri
  membentuk lingkaran kecil dan menghadap ke luar 
2.     
  Separuh kelas lainnya
  membentuk lingkaran di luar lingkaran pertama menghadap ke dalam 
3.     
  Dua siswa yang berpasangan
  dari lingkaran kecil dan besar berbagi informasi. Pertuka-ran informasi ini
  bisa dilakukan oleh semua dalam waktu bersamaan. 
4.     
  kemudian siswa berada di
  lingkaran kecil diam di tempat, sementara siswa yang berada di lingkaran
  besar bergeser satu atau dua langkah jarum jam 
5.     
  Sekarang giliran siswa berada
  di lingkaran besar yang membagi informasi. Demikian seterusnya.. | 
Ceramah 
Diskusi 
Demontrasi | 
| 
25.Tebak Kata | 
Media : 
Buatkan kartu ukuran 10x10cm,
  dan isilah dengan ciri-ciri atau kata-kata lainnya yang mengarah pada jawaban
  (istilah) pada kartu yang ingin ditebak. 
Buatkan kartu ukuran 5x2cm
  untuk menuliskan kata-kata atau istilah yang mau ditebak. (kartu ini nanti
  dilipat dan ditempel pada dahi atau ditempel ditelinga) 
1.     
  Seluruh siswa berdiri didepan
  kelas dan berpsangan 
2.     
  Seorang siswa diberikan kartu
  yang berukuran 10x10cm yang nanti dibacakan pada pasangannya, seorang siswa
  yanglainnya diberi kartu yang berukuran 5x2 cm yang isinya tidak boleh
  dibaca, kemudian ditempelkan di dahi atau diselipkan ditelinga. Sementara
  siswa yang membawa kartu 10x10cm membacakan kata-kata yang ditulis di
  dalamnya, sementaar psangannya, menabak apa yang dimaksud dalam kartu 10x10cm.
  Jawaban tepat bisa sesuai dengan isi kartu yang ditempelkan di dahi atau
  di  telinga. | 
Ceramah 
Diskusi 
Demontrasi | 
| 
26.Word Score | 
Media : Biatkan kotak sesuai
  keperluan an buatkan soial sesuai dengan indikator : 
1.      
  sampaikan materi sesuai
  dengan bahan pembelajaran 
2.      
  Bagikan lembar kerja  
3.      
  Siswa disuruh untuk menjawab
  soial dan mengarsir huruf dalam kotak sesuai dengan jawaban 
4.      
  Berikan point setiap jawaban
  paa kotak | 
Ceramah 
Diskusi 
Demontrasi | 
| 
27.Scrable | 
Media : Buatlah pertanyaan
  yang sesuai dengan Indikator, dan buatkan jawaban yang diacak hurufnya. 
1.     
  Sajikan materi pembelajaran
  dengan metode yang sesuai. 
2.     
  bagikan lembar kegiatan siswa
  yang berisikan 2 jenis kolom, dimana kolan kiri berisikan soal dan kolom
  kanan berisikan jawaban. 
3.     
  Siswa diwajibkan untuk
  menjodohkan soial dengan jawaban yang sesuai | 
Ceramah 
Diskusi 
Demontrasi | 
| 
28.Take and  
     Give | 
Media :Buatkan kartu ±10x15cm,
  setiap kartu berisi sub bahasan yang berbeda sesuai dengan indikator. Dan
  berisikan identitas siswa dan kelompoknya. 
1.     
  Untuk memantapkan penguasaan
  peserta tiap siswa dibewri masing-masing satu kartu untuk dipelajari
  (dihapal) lebih kurang 5 menit. Semua siswa disush berdiri dan mencari
  pasangan untuk saling menginformasikan. Setiap siswa harus mencatat nama
  pasangannya pada kartu contoh. Demikian seterusnya sampai tiappeserta dapat
  saling memberi dan menerima materi masing-masing (take and Give). Untuk
  mengevaluasi keberhasilan siswa diberikan pertanyaan yang tak sesuai dengan
  kartunya. Strategi ini dapat dimodifikasi sesuai dengan keadaan. 
2.     
  Guru menyimpulkan semua
  materi bahasan. | 
Ceramah 
Diskusi 
Demontras 
atau 
Multi metode | 
| 
29.Concept 
     Sentences | 
1.     
  Guru menyajikan materi
  pembelajaran dengan menggunakan ssuatu media& metode 
2.     
  Guru membentuk kelompok yang
  tersiri dari 4 orang siswa yang heterogen 
3.     
  Menyajika beberapa kata kinci
  sesuai dengan materi yang disajikan 
4.     
  Setiap kelompok disuruh
  membuat beberapa kalimat dengan menggunakan minimal 4 kata kunci setiap
  kalimatnya. 
5.     
  Hasil diskusi kelompok
  didiskusikan lagi secara pleno atas bimbingan guru. | 
Multi metode | 
| 
30.Complette  
     Sentences | 
Media : Siapkan blangko isian
  berupa paragrap yang kalimatnya belum lengkap. 
1.     
  Guru membagikan modul atau
  lembar kerja dan guru menjelaskan sekilas dengan multi media yangsesuai. 
2.     
  Bentuk 3 kelompok yang
  heterogen 
3.     
  Peserta diharapkan bersiskusi
  untuk melengkapi kalimat kunci jawaban yang tersedia. 
4.     
  Setiap peserta diberikan
  waktu untuk memehami danmenghapal konsep yang disajikan 
5.     
  Evaluasi | 
Ceramah 
Diskusi 
Demontrasi | 
| 
31.Time  
     Token | 
Struktur yang apat digunakan
  untuk mengajarkan keterampilan sosial, untuk menghidnari siswa mendominasi
  pembicaraan atau siswa diam sama sekali. 
1.     
  Kondisikan kelas untuk
  melaksanakan diskusi (copperative learnning) 
2.     
  Setiap siswa diberi kupon
  berbicara ±30
  detik) 
3.     
  setiap siswa diberi sejumlah
  nilai sesuai waktu 
4.     
  Bila telah selesai berbicara
  kupon yang dipegang siswa diserahkan, setiap berbicara setiap point 
5.     
  Siswa yang telah habis
  kuponnya  mendapat nilai.  | 
Ceramah 
Diskusi 
Demontrasi 
Multi metoda | 
| 
32. Pair Checks | 
1.     
  Bekerja berpsangan : Bentuk
  tim dalam psangan-psangan dua siswa, dalam psangan itu mereka mengerjakan
  soal. 
2.     
  Pelatih mengecek, apabila
  partner benar, pelatih memberi kupon nilai benar. 
3.     
  Bertukar peran; seluruh
  partner bertukar peran an mengurangi waktu 1- 3 langkah 
4.     
  Pasangan mengecek; seluruh
  pasangan tim kembali bersama dan membantingkan jawaban. 
5.     
  Penegasan diri; mengarahkan
  jawaban/ ide sesuai  bahasan
  pembelajaran | 
Ceramah 
Diskusi 
Demontrasi | 
| 
33.Keliling  
     Kelompok | 
Maksudnya agar masing-masing
  anggota kelom-pok mendapat kesempatan memberikan kontribusi dan mendengarkan
  pandangan dan pemikiran anggota lainnya : 
 | 
Ceramah 
Diskusi 
Multi metode | 
| 
Jenis
  Model Pembelajaran | 
Gambaran
  Pelaksanaan Model Pembelajaran | 
Metode
  Pembelajaran | 
| 
34.Tari Bambu | 
Agae siswa saling berbagi
  informasi pada saat yang bersamaan dengan pasangan yang berbeda dalam waktu
  singkat secara teratur strategi ini cocok untuk materi bahasan yang
  membutuhkan pertukaran pengalaman, pikiran dan informasi antar siswa. 
1.     
  Separuh siswa dalam kelas
  berdiri berjajar, Jika ruangan cukup, mereka bisa belajar di depan kelas,
  kemungkinan lain siswa belajar disela-sela meja kelas, Cara yang kedua
  memudahkan membentuk kelompok karena diperlukan waktu relatif singkat. 
2.     
  Separuh keas lainnya berjajar
  menghadap jajatan yang pertama, Dua siswa yang berpasangan dari kedua jajaran
  berbagi informasi, Kemudian satu atau dua siswa yang berdiri di ujung
  berpindah ke ujung lainnya, dan anggota jajaran berbeser, dengan cara ini
  masing-masing siswa mendapat psangan yang baru untuk berbagi informasi,
  Pergeseran bis adilakukan terus sesuai dengan kebutuhan. | 
Ceramah 
Diskusi 
Multi Metode | 
| 
35.Dua tinggal  
     dua tamu.  
     (two stay  
     and two  
     stray) | 
Memberi kesempatan kepada
  kelompok untuk membagi hasil dan informasi dengan kelompok lainnya. 
Caranya : 
Siswa bekerja sama dengan
  kelompok berempat seperti biasa, setelah selesai, dua orang tadi
  masing-masing bertamiu pada kelompok yang lainnya, Dua orang yang tinggal
  dalam kelompok bertugas membagikan hasil kerja dan informasi mereka ke tamu
  mereka. Tamu mohon diri dan kembali ke kelompok mereka sendiri dan melaporkan
  temuan mereka dari kelompok lain. Kelompok mencocokan danmembahas hasil kerja
  mereka. | 
Ceramah 
Diskusi 
 Multi media dan
  multi metode | 
Rabu, 19 September 2012
MODEL-MODEL PEMBELAJARAN DAN URAIAN PELAKSANAANNYA
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar