Jenis
Model Pembelajaran
|
Uraian
Pelaksanaan Model Pembelajaran
|
Metode
Pembelajaran
|
1. Examples
non
Examples
|
1.
Guru mempersiapkan
gambar-gambar yang sesuai, kemuidan menempelkannya pada OHP
2.
Siswa menganlisa Gambar
3.
Siswa berdisusii dalam
kelompok
4.
Tiap kelompok (perwakilan)
membacakan hasil analisa diskusi kelompok
5.
Guru menjelaskan sesuai
dengan tujuan
|
Ceramah
Demontrasi
Diskusi
|
2. Picture and
Picture
|
1.
Guru menyajikan materi dengan
ceramah
2.
Guru menunjukan gambar-gambar
sesuai dengan materi pembelajaran
3.
Guru menyuruh siswa untuk
mengurutkan gambar menjadi urutan yang logis
4.
Berdiskusi dengan siswa
5.
Menyimpulkan dan menanggapi
pol apemikiran siswa
|
Ceramah
Diskusi
Demontrasi
Simulasi
|
3. Numbered
Heads
Together
|
1.
Siswa dibagi dalam beberapa kelompok
dan setiap kelompok mendapat satu nomor
2.
Guru membagikan tugas dan
masing-masing mengerjakan dengan cara berdiskusi sesuai dengan nomor yang
diperoleh
3.
Setiap kelompok diwajibkan
mempresentasi kan dan mempertahankan argumen jawa bannya.
|
Ceramah
Diskusi
Simulasi
|
4.Cooperative
Script
|
Siswa berpasangan dan
bergantian secara lisan mengikhtisarkan bagian-bagian dari materi yang
dipelajari
|
Ceramah
Diskusi
|
5. Kepala
bernomor
Struktur
|
1.
Siswa dibagi-bagi menjadi
beberapa kelompok dan setiap kelompok mendapat satu nomor
2.
Sestiap kelompok diberikan
tugas yang harus dikerjakan secara berdiskusi keoompok sesuai dengan nomor
yang dimiliki.
3.
Setiap kelompok harus
mempertahankan kawabannya
4.
Kesimpulan pembelajaran di
lakukan oleh guru secara bersama-sama..
|
Ceramah
Diskusi
Simulasi
|
6. Student
Team-achie
vement
divisiOns
|
(team siswa kelompok
prestasi)
1.
Membentuk kelompok yang
anggotanya minimal 4 orang secara heterogen.
2.
Guru menyajikan bahasan pelajaran secara ceramah
3.
Guru memberikan tugas pada
kelompok untuk dikerjakan oleh anggotanya dengan diskusi, hingga diperoleh
pemahaman yang sama.
4.
Guru memberikan kuis kepada
seluruh siswa dengan soal yang sama dan tidak bekerja sama.
5.
memberikan evaluasi
6.
membuat kesimpulan.
|
Ceramah
Diskusi
|
7. JIGSAW
|
1.
Siswa dikelompokan minimal 4 orang
2.
tiap orang dalam kel. Diberi
materi yang berbeda
3.
tiap orang dalam kel. Diberi
materi yang ditugaskan
|
Ceramah
Diskusi
Demontrasi
Simulasi
|
4.
Anggota dari kel. Yang
berbeda telah mempelajari bahasan sama bertemu dalam kelompok baru untuk
mendiskusikan bahasan mereka
5.
Setelah selesai diskusi
sebagaian anggota kembali pada kelompok asal dan menjelaskan apa yang
mereka peroleh
6.
Semua kelomppok
mempresentasikan hasil diskusinya.
7.
Guru memberikan kesimpulan
dan evaluasi
|
||
8. Problema
Based
Introductions
|
1.
Guru memebantu siswa
mendefinisikan dan mengorganisasikan tugas belajar yang berhubungan dengan
masalah pelajaran.
2.
Guru mendorong siswa untuk
mengumpulkan informasi yang sesuai, eksperimen untuk mendapatkan penjelasan
dan pemecahan masalah, pengumpulan data an hupotesa.
3.
Guru membantu siswa dalam
merencanakan menyiapkan kerja yang seperti laporan
4.
Guru membantu siswa untuk
melakukan reflesi atau evaluasi terhadap penyelidikan .
|
Ceramah
Diskusi
Eksperimen
Proyek
Simulasi
|
9. Artikulasi
|
1.
Guru menyajikan materi
bahasan pelajaran dengan metode ceramah.
2.
Bentuk kelompok yangterdiri
dari 2 orang anggota (perpasangan)
3.
Berikan nomor anggota dan
kelompok
4.
Anggota 1 menjelaskan materi
yangtelah diterima pada anggota 2 secara nalar dan sebaliknya
5.
Gurui menyimpulkan materi
yang telah disampaikan.
|
Ceramah
Diskusi
Simulasi
|
10.Mid
Mapping
|
Mid Mapping ini digunakan
untuk mengukur pengetahuan awal siswa dan untuk menemukan alternatif
merodelogi lanjutan.
1.
Guru mengemukakan konsep dan
permasa-lahan yangharus ditanggapi oleh siswa.
2.
siswa di wajibkan untuk
menangghapi permasalahan tersebut dalam kelompok yangterdiri dari 2 atau 3
orang
3.
tiap anggota alam kelompok
berdiskuksi hingga mufakat terhadap jawaban pada setiap permasalahan
4.
Tiap kelompok wajib
menyampaikan hasil jawabannya dan mempertahankan argumen-tasinya di hadapan
kelompok yang lainnya.
|
Ceramah
Diskusi
Percobaan
Simulasi
|
11. Make-A
Amatch
|
1.
Guru menyajikan beberapa
kartu yang berisi beberapa konsep atau topik yang cocok untuk sesi review,
sebaliknya satu bagian kartu soal dan bagian lainnya kartu jawaban.
2.
Setiap siswa mendapat satu
bauh kartu
3.
Tiap siswa memikirkan
jawaban/soal dari kartu yang dipegang
4.
Setiap siswa mencari
pasdangan yang mempunyai kartu yang cocok dengan kartu soal yang dipegangnya.
5.
Setiap siswa yang dapat
mencocokan kartunya sebelum batas waktu
6.
Setelah satu babak kartu
dicocokan lagi ahar siswa mendapat kartu yang berbeda dari sebelumnya
7.
Demikian seterusnya
8.
Guru membahas dan
menyimpulkan materi yang telah di sampaikan.
|
Ceramah
Diskusi
Simulasi
|
12. Think Pair
and Share
|
1.
Guru memberikan penjelasan
tentang suatu bentuk materi pembelajaran secara ceramah atau demontrasi.
2.
Siswa diminta untuk
menanggapi dan berpikir tentang permsalahan yang ditunjukan
3.
Siswa diminta untuk
berpasangan dengan teman semejnya (2 orang)
4.
Guru memimpin pleno kecil dan
memberikan penghargaan penilaian terhadap siswa yang aktif
5.
Guru mengerahkan jawaban dan
pertanyaan siswa terhadap penguasaan materi pembelajaran
|
Ceramah
Diskusi
Demontrasi
Simulasi
|
13. Debate
|
1.
Guru membagi siswa menajdi 2
kelompok peserta debat, yang satu kelompok Pro dan yang lain kelompok kontra.
2.
Guru membacakan permasalahan
atau kasus sebagai bahan perdebatan
3.
Guru memberikan tugas pada
salah satu kelompok untuk memberikan tanggapan pada kasus yang diberikan
4.
kelompok lain harus
memberikan perdeba-tannya secara berhantian, diwajibkan setiap kelompok untuk
tidak boleh diam atau setuju terhadap perdebatan tersebut
5.
Guru menghentikan perdebatan
jika hampir menemukan kesepakatan nilai benar
6.
.Guru memberikan evaluasi
terhadap pemahaman dan aktifitas siswa.
|
Ceramah
Diskusi
Demontrasi
|
14. Role
Playing
|
1.
Guru menyiapkan skenario yang
akan ditampilkan
2.
Guru menyuruh beberapa siswa
untuk mempelajari skenario tersebut dua hari sebelumnya
3.
Guru membentuk Kelompok siswa
yang anggotanya 4-5 orang
4.
Guru memberikan penejlasan
tentang kompetensi yang ingin di capai
5.
Guru memenggil para siswa
yang telah di berikan tugas sekanrio
6.
Masing-masing duduj sebagai
ketu a kelompok dan mempresentasikan materi sesuai dengan pemahamannya
7.
Masing-masing kelompok
menyampaikan kesimpulan dari proses pemahamannya
8.
Guru menyampaikan kesimpulan
dan evaluasi
|
Diskusi
Simulasi
Tutorial
Proyek
|
15.Group
Invertiga-
tions
|
1.
Guru membagi kelas dalam
ebebrapa kelompok heterogen
2.
Guru menjelaskan pada
ketua-ketua kelompok untuk satu materi tugas yang berbeda.
3.
masing-masing kelompok
membahas materi yang sudah ada secara kooperatif berisi penemuan
4.
Kelompok melakuakn diskusi
untukmembahas setiap tugas yang diberikan.
5.
Melalui ketua kelompoknya,
hasil diskusi di presentasikan pada yang lainnya.
6.
Guru menyimpulkan dan
memberikan evaluasi.
|
Ceramah
Diskusi
Percobaan
Simulasi
Proyek
|
16.Talking
Stik
|
1.
Guru menyiapkan sebuah
tongkat
2.
Guru menyaikan materi
pembelajaran dengan ceramah secara sekilas, yang kemudian diberikan
kesempatan pada siswa untum memnaca materi baik dari buku atau melalui suatu
modil tertentu
3.
Jika sudah selesai diwajibkan
siswa untuk menutup bukunya.
4.
Guru memegang tongkat dan
siswa yang menerima tongkat tersebut berkewajiban untuk menjawab pertanyaan
guru
5.
Kegitan ini dapat dilakukan
dengan cara bernyanyi-nyanyi dan ketika tongkat diberikan, nyanyian
dihentikan, sehingga siswa termotivasi untuk mengkondisikan dirinya dalam
keadaan siap.
|
Ceramah
Diskusi
Tutorial
Simulasi
|
17.Bertukar
Pasangan
|
1.
Setiap siswa mendapat satu
pasangan (guru bisa menunjukan pasangan atau siswa menunjuj pasangannya
masing-masing)
2.
Guru memberikan tugas dan
siswa mengertjakan tugas dengan pasangannya
3.
Setelah selesai setiap pasangan
bergabung dengan satu pasangan lainnya
4.
Kedua pasangan tersebut
bertukar pasangan, masing-masing pasangan yang baru saling menanyakan dan
mengkukuhkan jawaban mereka
5.
Teman baru yang diperoleh
dari pertukaram psangan kemudian dibagikan kepasa pasangan semula.
|
Ceramah
Diskusi
Simulasi
|
18.Snowball
Throwing
|
1.
Guru membentuk kelompok dan
memanggil ketu akelompok yang kemudian, guru menjelaskan materi bahasan pada
setiap kelompok
2.
Masing-masing ketu kelompok
menjelaskan materi bahasan pada anggota kelompoknya
3.
Kemidian masing-masing siswa
diberikan satui lembar kertas kerja dan menuliskan satu pertanyaan apa saja
yang menyangkut materi pembelajaran.
4.
Kemudian kertas kerja dibuat
seperti bola dan dilemparkan dari satu siswa ke siswa lainnya selama ±15
menit, dan setiap siswa diharuskan memegang kertas kerja milik orang lain
5.
Setiap siswa diwajibkan
menjawabn pertanyaan yang ada pada kertas bola yang diperolehnya.
6.
Berikan nilai penghargaan
pada siswa yang menajwab dengan benar.
|
Ceramah
Diskusi
Simulasi
|
19 Student
Facilitator
and
Explaining
|
1.
Guru menyampaikan materi
pembelajaran dengan metode ceramah, demontrasi atau percobaan sederhana.
2.
Siswa diwajibkan untuk
menanggapi dan menyimpulkan terhadap materi pembelajaran dengan cara ditulis
pada lembar kerja.
3.
Lembar kerja dikumpulkan dan
dievaluasi dengan cara dikelompokkan jawaban yang salah dan jawaban yang
benar.
4.
Berikan waktu kepada siswa
yang menjawab benar untuk menjelaskan kesimpulan dan tanggapannya terhadapo
materi bahasan tersebut.
5.
Jawaban di simpulkan oleh
guru.
|
Ceramah
Diskusi
Simulasi
Demontrasi
Percobaan
|
20.Course
Review
Horay
|
1.
Guru menyajikan materi
pembahasan dengan metode pembelajaran yang sesuai.
2.
Memberikan kesempatan pada
siswa untuk tanya jawab
3.
Untuk menguji pemahaman, siswa
disush untuk membuat kotak 9 buah dan setiap kotak diisi dengan nomor soal
secara acak
4.
Semua siswa dipersilahkan
berdiri.
5.
Guru membaca soal secara acak
dan langsung mendiskusikan, jika benar tandai dengan V dan jika salah tandai
dengan X
6.
Jika siswa sudah mendapat jawaban 3 V penuh ke arah vertikal
atau horizontal, maka diharuskan berteriak Horay..... atau yel-yel dan
dipersilahkan untuk duduk
7.
Nilai siswa tetap dihitung
dari jawaban yang benar.
|
Ceramah
Diskusi
(metode bebas)
|
21.Demontra-
tion
|
Khusus untuk materi yang
memerlukan peragaan atau percobaan.
1.
Bagi siswa menjadi beberapa
kelompok
2.
Persiapkan sarana penunjang
demontrasi
3.
Guru menjelaskan suatu materi
pembelajaran dengan cermah
4.
Setiap kelompok diwajibkan
untuk mendemontrasikan alat sesuai dengan materi yang sedang dibahas
5.
Setiap kelompok diwajibkan
membuat laporan analisis dan memperesesntasikan pada kelompok lainnya
6.
Guru menyimpulkan bahasan
yang telah dibahas.
|
Ceramah
Diskusi
Percobaan
Demontrasi
Simulasi
|
22.Explicit
Intructions
(Pembelaja-
ran
langsung)
|
Pembelajaran langsung khusus
dirancang untuk mengembangkan belajar siswa tentang pengeta-huan proseduran
dan pengetahuan delkaratif yang dapat diajarkan dengan pola selangkah demi
selangkah :
1.
Guru mendemontrasikan pengetahuan
dan keterampilan.
2.
Membimbing pelatihan
3.
Mengecek pemahaman dan
memberikan umpan balik
4.
memberikan kesempatan untuk
latihan lanjutan
|
Ceramah
Diskusi
Demontrasi
|
23.Cooperative
Integrade re
ading and Co
mposistions
(CICR)
|
1.
Guru memebentuk kelompok
kerja siswa yang beranggotan 4 s.d 5 orang secara heterogen.
2.
Guru memeberikan
wacana/kliping sesuai dengan topik pembelajaran.
|
Ceramah
Diskusi
Demontrasi
|
3.
Siswa bekerja sama saling
membacakan dan menemukan ide pokok dan memberi tanga-pan terhadap
wacana/kliping dan ditulis pa-da lembar kerja
4.
Setiap kelompok wajib
mempresentasikan tanggapannya
5.
Guru membuat kesimpulan bahan
pembela-jaran
|
||
24.Inside-
Outside-
Circle
|
1.
Separuh kelas nerdiri
membentuk lingkaran kecil dan menghadap ke luar
2.
Separuh kelas lainnya
membentuk lingkaran di luar lingkaran pertama menghadap ke dalam
3.
Dua siswa yang berpasangan
dari lingkaran kecil dan besar berbagi informasi. Pertuka-ran informasi ini
bisa dilakukan oleh semua dalam waktu bersamaan.
4.
kemudian siswa berada di
lingkaran kecil diam di tempat, sementara siswa yang berada di lingkaran
besar bergeser satu atau dua langkah jarum jam
5.
Sekarang giliran siswa berada
di lingkaran besar yang membagi informasi. Demikian seterusnya..
|
Ceramah
Diskusi
Demontrasi
|
25.Tebak Kata
|
Media :
Buatkan kartu ukuran 10x10cm,
dan isilah dengan ciri-ciri atau kata-kata lainnya yang mengarah pada jawaban
(istilah) pada kartu yang ingin ditebak.
Buatkan kartu ukuran 5x2cm
untuk menuliskan kata-kata atau istilah yang mau ditebak. (kartu ini nanti
dilipat dan ditempel pada dahi atau ditempel ditelinga)
1.
Seluruh siswa berdiri didepan
kelas dan berpsangan
2.
Seorang siswa diberikan kartu
yang berukuran 10x10cm yang nanti dibacakan pada pasangannya, seorang siswa
yanglainnya diberi kartu yang berukuran 5x2 cm yang isinya tidak boleh
dibaca, kemudian ditempelkan di dahi atau diselipkan ditelinga. Sementara
siswa yang membawa kartu 10x10cm membacakan kata-kata yang ditulis di
dalamnya, sementaar psangannya, menabak apa yang dimaksud dalam kartu 10x10cm.
Jawaban tepat bisa sesuai dengan isi kartu yang ditempelkan di dahi atau
di telinga.
|
Ceramah
Diskusi
Demontrasi
|
26.Word Score
|
Media : Biatkan kotak sesuai
keperluan an buatkan soial sesuai dengan indikator :
1.
sampaikan materi sesuai
dengan bahan pembelajaran
2.
Bagikan lembar kerja
3.
Siswa disuruh untuk menjawab
soial dan mengarsir huruf dalam kotak sesuai dengan jawaban
4.
Berikan point setiap jawaban
paa kotak
|
Ceramah
Diskusi
Demontrasi
|
27.Scrable
|
Media : Buatlah pertanyaan
yang sesuai dengan Indikator, dan buatkan jawaban yang diacak hurufnya.
1.
Sajikan materi pembelajaran
dengan metode yang sesuai.
2.
bagikan lembar kegiatan siswa
yang berisikan 2 jenis kolom, dimana kolan kiri berisikan soal dan kolom
kanan berisikan jawaban.
3.
Siswa diwajibkan untuk
menjodohkan soial dengan jawaban yang sesuai
|
Ceramah
Diskusi
Demontrasi
|
28.Take and
Give
|
Media :Buatkan kartu ±10x15cm,
setiap kartu berisi sub bahasan yang berbeda sesuai dengan indikator. Dan
berisikan identitas siswa dan kelompoknya.
1.
Untuk memantapkan penguasaan
peserta tiap siswa dibewri masing-masing satu kartu untuk dipelajari
(dihapal) lebih kurang 5 menit. Semua siswa disush berdiri dan mencari
pasangan untuk saling menginformasikan. Setiap siswa harus mencatat nama
pasangannya pada kartu contoh. Demikian seterusnya sampai tiappeserta dapat
saling memberi dan menerima materi masing-masing (take and Give). Untuk
mengevaluasi keberhasilan siswa diberikan pertanyaan yang tak sesuai dengan
kartunya. Strategi ini dapat dimodifikasi sesuai dengan keadaan.
2.
Guru menyimpulkan semua
materi bahasan.
|
Ceramah
Diskusi
Demontras
atau
Multi metode
|
29.Concept
Sentences
|
1.
Guru menyajikan materi
pembelajaran dengan menggunakan ssuatu media& metode
2.
Guru membentuk kelompok yang
tersiri dari 4 orang siswa yang heterogen
3.
Menyajika beberapa kata kinci
sesuai dengan materi yang disajikan
4.
Setiap kelompok disuruh
membuat beberapa kalimat dengan menggunakan minimal 4 kata kunci setiap
kalimatnya.
5.
Hasil diskusi kelompok
didiskusikan lagi secara pleno atas bimbingan guru.
|
Multi metode
|
30.Complette
Sentences
|
Media : Siapkan blangko isian
berupa paragrap yang kalimatnya belum lengkap.
1.
Guru membagikan modul atau
lembar kerja dan guru menjelaskan sekilas dengan multi media yangsesuai.
2.
Bentuk 3 kelompok yang
heterogen
3.
Peserta diharapkan bersiskusi
untuk melengkapi kalimat kunci jawaban yang tersedia.
4.
Setiap peserta diberikan
waktu untuk memehami danmenghapal konsep yang disajikan
5.
Evaluasi
|
Ceramah
Diskusi
Demontrasi
|
31.Time
Token
|
Struktur yang apat digunakan
untuk mengajarkan keterampilan sosial, untuk menghidnari siswa mendominasi
pembicaraan atau siswa diam sama sekali.
1.
Kondisikan kelas untuk
melaksanakan diskusi (copperative learnning)
2.
Setiap siswa diberi kupon
berbicara ±30
detik)
3.
setiap siswa diberi sejumlah
nilai sesuai waktu
4.
Bila telah selesai berbicara
kupon yang dipegang siswa diserahkan, setiap berbicara setiap point
5.
Siswa yang telah habis
kuponnya mendapat nilai.
|
Ceramah
Diskusi
Demontrasi
Multi metoda
|
32. Pair Checks
|
1.
Bekerja berpsangan : Bentuk
tim dalam psangan-psangan dua siswa, dalam psangan itu mereka mengerjakan
soal.
2.
Pelatih mengecek, apabila
partner benar, pelatih memberi kupon nilai benar.
3.
Bertukar peran; seluruh
partner bertukar peran an mengurangi waktu 1- 3 langkah
4.
Pasangan mengecek; seluruh
pasangan tim kembali bersama dan membantingkan jawaban.
5.
Penegasan diri; mengarahkan
jawaban/ ide sesuai bahasan
pembelajaran
|
Ceramah
Diskusi
Demontrasi
|
33.Keliling
Kelompok
|
Maksudnya agar masing-masing
anggota kelom-pok mendapat kesempatan memberikan kontribusi dan mendengarkan
pandangan dan pemikiran anggota lainnya :
|
Ceramah
Diskusi
Multi metode
|
Jenis
Model Pembelajaran
|
Gambaran
Pelaksanaan Model Pembelajaran
|
Metode
Pembelajaran
|
34.Tari Bambu
|
Agae siswa saling berbagi
informasi pada saat yang bersamaan dengan pasangan yang berbeda dalam waktu
singkat secara teratur strategi ini cocok untuk materi bahasan yang
membutuhkan pertukaran pengalaman, pikiran dan informasi antar siswa.
1.
Separuh siswa dalam kelas
berdiri berjajar, Jika ruangan cukup, mereka bisa belajar di depan kelas,
kemungkinan lain siswa belajar disela-sela meja kelas, Cara yang kedua
memudahkan membentuk kelompok karena diperlukan waktu relatif singkat.
2.
Separuh keas lainnya berjajar
menghadap jajatan yang pertama, Dua siswa yang berpasangan dari kedua jajaran
berbagi informasi, Kemudian satu atau dua siswa yang berdiri di ujung
berpindah ke ujung lainnya, dan anggota jajaran berbeser, dengan cara ini
masing-masing siswa mendapat psangan yang baru untuk berbagi informasi,
Pergeseran bis adilakukan terus sesuai dengan kebutuhan.
|
Ceramah
Diskusi
Multi Metode
|
35.Dua tinggal
dua tamu.
(two stay
and two
stray)
|
Memberi kesempatan kepada
kelompok untuk membagi hasil dan informasi dengan kelompok lainnya.
Caranya :
Siswa bekerja sama dengan
kelompok berempat seperti biasa, setelah selesai, dua orang tadi
masing-masing bertamiu pada kelompok yang lainnya, Dua orang yang tinggal
dalam kelompok bertugas membagikan hasil kerja dan informasi mereka ke tamu
mereka. Tamu mohon diri dan kembali ke kelompok mereka sendiri dan melaporkan
temuan mereka dari kelompok lain. Kelompok mencocokan danmembahas hasil kerja
mereka.
|
Ceramah
Diskusi
Multi media dan
multi metode
|
Rabu, 19 September 2012
MODEL-MODEL PEMBELAJARAN DAN URAIAN PELAKSANAANNYA
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar