Selasa, 04 September 2012

PEMELIHARAAN DAN PERAWATAN KOMPUTER


Perawatan dan pemeliharaan komputer tidak beda jauh dengan perawatan manusia yang menggunakan sisi rohani dan jasmani. Perawatan komputer yang baik mesti dilakukan terhadap dua hal yaitu sisi software dan hardware. Perawatan dan pemeliharaan komputer mestinya anda lakukan dengan perasaan lembut karena unsur-unsur yang ada pada komputer begitu lunak dan mudah rusak, maka dari itu hindarilah perlakuan yang ceroboh dan tergesa-gesa
Dalam melakukan Perawatan dan pemeliharaan komputer anda tidak perlu menggunakan alat-alat berat, cukuplah hanya dengan sofware yang baik dan untuk perkakasnya adalah sikat yang lembuat atau kuas cat yang halus juga.

Cara merawat komputer dari sisi software :
  • Melindungi komputer bukan seperti halnya kita melindungi rumah dengan memasang kunci gembok yang besar dan di ikat oleh rantai kuat akan tetapi lengkapilah komputer anda dengan software anti virus terbaik, tapi carilah anti virus yang gratis supaya tidak banyak mengeluarkan biaya
·         Simpanlah file padahard drive Anda yang terorganisir, Anda membuat informasi Anda lebih mudah untuk mencari dan menyimpan, banyak ruang kosong yang tersedia untuk proyek-proyek masa depan. Berkala menjalankan penambahan Atau membuang Programs untuk memeriksa dan menghapus aplikasi yang tidak Anda gunakan lagi, seperti permainan lama yang tidak lagi menghibur atau program shareware yang Anda putuskan untuk tidak menggunakannya.
·         Disk Cleanup sebuah aplikasi yang dapat menghemat ruang drive dengan menghapus file yang tidak lagi dibutuhkan, seperti file Internet sementara dan log file yang tertinggal ketika Anda menginstal aplikasi. Untuk mengakses program Disk Cleanup, (All) Program, Accessories, System Tools, dan Disk Cleanup.
  • Beberapa ahli komputer menyarankan defragmenting hard drive Anda secara berkala. Karena dengan melakukan Defrag teratur, harddisk anda akan merasa ringan tatkala proses read maupun write karena filenya berurutan. Sebuah utilitas defrag mereorganisasi data pada hard drive file sehingga terkait disimpan dalam blok berdekatan sehingga tidak tersebar di sekitar drive. Idenya adalah bahwa dengan menempatkan data yang berhubungan secara fisik bersama-sama pada drive, akses ke data akan lebih cepat. Para ahli tidak setuju pada efektivitas defragging. Anda mungkin mencobanya jika hard drive Anda tampak sangat lambat, atau jika Anda telah menyelesaikan tugas-tugas pemeliharaan lain dalam daftar ini dan memiliki keinginan besar untuk berbuat lebih banyak. Disk Defragmenter bisa dilakukan dengan klik Mulai, (All) Program, Accessories, System Tools, dan Disk Defragmenter.
  • Aktifkan scrensaver jika monitormu masih CRT
  • Please! Uninstal software-software yang tidak pernah digunakan.
  • Supaya nggak ada security hole, Ingat selalu untuk update software anda.
Selanjutnya adalah artikel merawat komputer dari sisi hardware :
  • Buka casing PC kmudian Bersihkan debu yang ada di motherboard peripheral lainnya. Pembersihan bisa menggunakan sikat halus (kuas cat). Lakukan ini selama enam bulan sekali.
  • Untuk mengantisipasi mati listrik secara tiba-tiba, pakailah STAVOLT atau UPS
  • Gunakan pendingin ruangan. Kalau nggak punya duit bisa memakai Sirip Pendingin dan dan Coolling Fan Ekstra
  • Hindarkan komputermu dengan alat yang dapat memancarkan medan magnet.
  • Apabila ada anak kecil yang mau belajar, haruslah di bawah bimbingan kita supaya dalam penggunaannya terorganisir
  • Matikan komputermu jika nggak dipakai, tapi jangan sampai komputermu nggak kepakai dalam waktu lama.

Tidak ada komentar: